5
2572

Indoprix 2013: Bikin Tayangan TV Ala MotoGP

GILAMOTOR.com. – Ada yang berbeda di Indoprix 2013 ini khususnya pada tayangan langsung yang disiarkan melalui TV One, yaitu penggunaan helicam atau aerial camera.

Menurut Johannes Indra, Manajer Sports tvOne, ide untuk menggunakan aerial camera atau helicam sebenarnya sudah muncul sejak dua musim lalu. Tapi setelah beberapa uji coba maka tvOne baru bisa memanfaatkannya di musim balapan 2013.  “IndoPrix sebagai event balap motor berskala nasional harus ditonton senikmat mungkin. Visinya, balapan nasional bernuansa internasional,” uangkap lelaki yang biasa disapa Jeppe.

Biasanya, tayangan langsung Indoprix di TV One hanya di-cover oleh multicam termasuk sebuah jimmy jib. Mulai musim 2013 dan musim-musim ke depan, helicam akan jadi kamera standar coverage balapan Indoprix. Jadi dalam tayangan tidak melulu memperlihatkan gambar dari sisi lintasan tapi dari atas lintasan seperti di MotoGP

Yang menarik, Indoprix saat ini sedang riset penggunaan kamera on board. Di seri pertama Indoprix di sirkuit Sentul Kecil lalu, beberapa pembalap menggunakan kamera on board yang ditempel di helm mereka.

“Musim ini kita aplikasikan helicam untuk memberikan suguhan berbeda kepada penonton Indoprix di rumah. Kalau kamera on board kita masih pelajari karena kita masih punya masalah di penempatan kamera dan sinyalnya. Kalau yang sekarang ini hanya untuk highlight Indoprix dan tayangan di website. Mudah-mudahan kita segera bisa memgaplikasikannya di Indoprix musim mendatang,” kata Edison Wardhana, Commercial Event IndoPrix.

5 COMMENTS

  1. wah.. di mulai lagi ni.. pakai rc aeromodelling.. dulu kayaknya pernah de, camera di tarus di motor pembalap,, kaya di buritan dan di depan… inget nya sih motor hendriansyah,,,, tapi cuma 1 seri doang,, habis itu mabur

  2. komen lagi ah,,,

    kayaknya jangan terlalu maksa buat naruh kamera di helm rider,,, gede amat,, yg kecil kan ada tu jual

  3. minta bantuan teknis ke Dorna aja,lewat bantuan pemerintah/menpora/menkominfo sapa tau bisa lebih efektif dan efisien.