20
2051

MotoGP 2013: Kebakaran di Pit, Perangkat Elektronik dan Komputer Tim Tech 3 Rusak

GILAMOTOR.com. – Gara-gara box starter Yamaha M1 korslet dan terbakar, kebakaran kecil di garasi tim Yamaha Tech 3 nyaris memusnahkan semuanya. Peristiwa itu terjadi pada Kamis sekitar pukul 1:00 dini hari waktu setempat. Beruntung, system keamanan anti api berfungsi baik dan kesigapan petugas sirkuit Austin, membuat api bisa dijinakkan sebelum membesar.

“Sayangnya ada insiden kecil di dalam garasi Yamaha Tech 3 semalam,” ucap Herve Poncharal, manajer tim Yamaha Tech 3. Herve menjelaskan, box starter untuk memutar ban belakang guna menghidupkan mesin M1 sedang dalam kondisi di-charge, bukan terpasang di motor. Itu adalah prosedur standar yang telah dilakukan sejak era empat tak diperkenalkan.

“Kami menderita cukup banyak kerusakan. Untungnya system pencegahan kebakaran segera diaktifkan dan dibantu oleh dinas pemadam kebakaran setempat sehingga mampu mencegah kerusakan yang lebih besar.”

Tapi sistem pencegah kebakaran atau air yang otomatis menyembur dari langit-langit paddock membuat kerusakan pada sistem komputer dan perangkat elektronik. Air dari sistem anti kebakaran juga menyembur di paddock Yamaha Factory, LCR Honda dan Cardion AB. “Aku meminta maaf kepada tim Yamaha Factory, LCR Honda dan juga tim Cardion AB, karena sistem anti kebakaran juga aktif di pit mereka.”

Di sisi lain, pejabat sirkuit memastikan bahwa asap beracun dari ledakan besar di pabrik pupuk di Waco tidak akan sampai ke kawasan sirkuit. Karena jaraknya cukup jauh, sekitar 160 km. Selain itu, sistem kemananan sirkuit juga diperketat menyusul ledakan bom yang terjadi di Boston Marathon.

20 COMMENTS

  1. I think other web site proprietors should take this site as an model, very clean and magnificent user friendly style and design, as well as the content. You’re an expert in this topic!