Berita

Friday, 12/04/13 | 12:00 WIB

Rizoma ProGuard System Di MotoGP, Awalnya Dianggap Lelucon

GILAMOTOR.com. – Sekarang mungkin tak asing lagi melihat sebuah alat yang menempel di stang sebelah kanan berupa sebatang besi melengkung dari ujung stang menutupi tuas rem. Ya, alat itu disebut Rizioma ProGuard System keluaran Rizoma. Rizoma sendiri merupakan produsen komponen racing kenamaan di dunia.

Alat itu dihadirkan untuk mengurangi potensi kecelakaan saat balapan seperti kecelakaan yang cukup mengerikan antara Sete Gibernau dan Loris Capirosi di sirkuit Cataluna tahun 2006. Rizoma ProGuard akan melindungi tuas rem tertekan secara tidak sengaja saat para pembelap berada di posisi yang berdekatan. Karena tak jarang bodi motor saling bersenggolan terutama saat memasuki tikungan.

Rizoma sudah lama memperkenalkan alat ini, namun pada awalnya alat ini malah dianggap sebagai lelucon. Namun lelucon atau tidak, alat ini bisa melindungi para pembalap dari kecelakaan. “Aku ingat ketika kami pertama kali hadir dalam daftar mereka, kami mendapatkan beberapa feedback bahwa ini adalah konyol dan hanya lelucon. Lelucon atau pun tidak, alat ini bisa menyelamatkan Anda dari kecelakaan serius,” jelas Rizoma.

Selain untuk menghindari rem tertekan secara tidak sengaja, alat ini juga bisa melindungi patah tuas rem dan kopling saat terjadi kecelakaan. Tapi di MotoGP alat ini hanya digunakan di sebelah kanan saja.

Alat ini dipasarkan dengan harga satuan $120 atau sekitar Rp 1.100.000.

Gojay

Komentari


*

500 | |

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

1 2 3 9

Berita lainnya

Terbaru