0
583

Yamaha Cup Race Cimahi, Yoga Adi Juara, Kuncinya Di Tikungan Terakhir

GILAMOTOR.com – Balapan satu merek (OMR) Yamaha Cup Race 2013 dimulai di Sirkuit Brigif, Cimahi, Bandung (19/5). Di sirkuit dengan latar belakang pegunungan ini menjadi ajang pembuktian para pembalap Yamaha untuk jadi terbaik.

Di kelas paling bergengsi YCR1 (Bebek 4 tak 125cc Tune Up Seeded) pembalap asal Yogyakarta, Yoga Adi, tampil memukau dengan memengkan dua balapan di kelas itu. Meski di kelas YCR2 (Bebek 4 tak 115 Tune Up Seeded) hanya naik podium di race satu, tapi pembalap Yamaha Yamalube NHK 3M FDR Ridlatama ini berhasil mengusai podium pertama di race satu dan dua kelas YCR1.

Tampil konsisten, Yoga terus mempertahankan racing line dan putaran mesinnya di sirkuit yang punya tutuh tikungan ke kiri dan tiga tikungan ke kanan itu. Selain itu, Yoga pun berhasil memasiki tikungan tersulit di terakhir dengan sangat baik. Karakter tikungan berbentuk “U” itu jadi tikungan yang paling banyak memakan waktu. Setidaknya, saat memasuki tikungan itu, putaran mesin berada di titik terendah dan saat keluar tikungan pembalap harus pandai mengatur bukaan gas agar ban tidak sliding. Di tikungan terakhir itulah yang membuat Yoga membuat jaraknya semakin jauh dari pembalap di belakangnya. Dengan  kemenangan itu, Yoga berhasil memetik poin penuh dengan 50 poin, hasil akumulasi race satu dan dua.

Dominasi Yoga memang sempat tertanggung oleh pembalap Richad Tharoreh yang juga dari Yogyakarta. Di race satu dan dua, Richard jadi pesaing terberat Yoga. Tapi domonasi Yoga terlalu kuat untuk dipatahkan. Dari dua race yang dilombakan, Richard hanya mampu finish di posisi kedua di dua balapan itu. Richard pun harus puas menempati posisi kedua klasemen sementara YCR dengan 40 poin.

Pembalap Jawa Barat Dadan Alamsyah jadi pembalap yang menempati posisi ketiga klasemen sementara dengan total nilai 27 poin. 11 poin dari race satu dan 16 poin diperoleh di race dua.

Di sisi lain, Anggi Permana yang gagal meraih poin penuh di kelas YCR1 karena terjatuh, justru berhasil mengamankan posisi pertama klasemen di kelas YCR2 (Bebek 4 Tak 110cc Tune Up Seeded). Pembalap asal Tasikmalaya itu menang sempurna di race dua YCR2 setelah pada race satu dia hanya berhasil mengisi podium tiga.

Di kelas Bebek 4 Tak 125cc Pemula (YCR3), Galang Hendra behasil mengamankan puncak podium dan kejayaannya kembali terulang di kelas YCR4 Bebek 4 Tak 110cc Pemula.

Yang membuat sirkuit Brigif bergemuruh oleh teriakan dan tepuk tangan penonton adalah aksi pembalap cilik Agung Didu. Pembalap yang masih duduk di kelas 4 Sekolah Dasar itu berhasil mempecundangi pembalap lainnya yang jauh lebih tua dari dirinya. Agung berhasil menempati podium pertama di kelas YCR5.

Dan yang tak kalah menarik, adalah aksi para wanita yang menggeber Yamaha Mio J di kelas Ladies Bikers. Meski lahir sebagai wanita, namun para pembalap ini tampil perkasa melumat sirkuit sempit itu. Pieka, Oky Kancil dan Inuk Blazer berhasil mengisi podium 1, 2 dan 3.
Hasil balap YCR Cimahi :
YCR1 Race 1 :
1.    Yoga Adi
2.    Richard Taroreh
3.    Tamy Pratama

YCR1 Race 2 :
1.    Yoga Adi
2.    Richard Taroreh
3.    Dadan Alamsyah

YCR2 Race 1 :
1.    Sulung Giwa
2.    Yoga Adi
3.    Anggi Permana

YCR2 Race 2 :
1.    Anggi Permana
2.    Bobby Anasis
3.    Dadan Alamsyah

YCR3 :
1.    Galang Hendra
2.    Ervantona
3.    Rheza Danica

YCR4 :
1.    Galang Hendra
2.    Ervantona
3.    Rheza Danica

YCR5 :
1.    Rifki M Fauzi
2.    M. Anhar
3.    Fadhlan Maulana

YCR6 :
1.    Agung Didu
2.    A. Raka Aditya
3.    Reza Gareng

YCR7 :
1.    Marsholandi
2.    Febriana Ramdani
3.    Danny Keder

YCR8 Xeon :
1.    Asep Bedun
2.    Danny Keder
3.    Arie Octane

YCR9 Mio J :
1.    Pieka
2.    Oky Kancil
3.    Inuk Blazer

Juara Umum Seeded : Yoga Adi
Juara Umum Pemula : Galang Hendra