0
900

Dua Alumni Moto2 Bicara Mesin 4-Tak 600cc

GILAMOTOR.com – Dua alumni Moto2 ngoceh bareng tentang kelas yang pernah dijalani. Kedua pembalap rookie MotoGP ini, Marc Marquez dan Stefan Bradl, sepakat kalau Moto2 adalah jenjang terbaik sebelum ke MotoGP.

Di sela-sela liburan MotoGP sampai akhir pekan depan setelah Lebaran, Marc dan Bradl bicara tentang mesin Moto2 600cc 4-tak, di mana semua pembalap menggunakan mesin keluaran Honda dengan spesifikasi yang sama. Kelas ini adalah pengganti kelas 250cc 2-tak di awal 2010 lalu.

Meski baru, dua alumnus Moto2 ini mulai unjuk gigi di balapan kelas premier. Khususnya Marc Marquez yang langsung berulah dangan mempermalukan seniornya di Honda dan tentu saja para pesaingnya yang sudah bertahun-tahun balapan di MotoGP.

“Aku lebih kesulitan memperlajari MotoGP ketimbang Marc, tapi aku pikir Anda tak bisa menemukan talenta seperti Marc setiap lima menit,” ucap pembalap Jerman, Bradl. “Aku pikir Moto2 adalah jalan yang tepat menuju MotoGP. 250 adalah kelas yang luarbiasa, tapi Moto2 juga kejuaraan yang fantastis.”

“Anda bisa melihat begitu banyak pertarungan dan para pembalap bisa membuat perbedaan. Jadi aku pikir Moto2 adalah sekolah yang tepat untuk menuju MotoGP. Beberapa pembalap menunjukkan mereka bisa tampil lumayan bagus di MotoGP. Kami akan melihat apa yang akan terjadi di masa mendatang. Moto2 baru berumur 3 tahun, tapi itulah cara yang tepat menuju MotoGP,” beber Bradl.

Bintang Repsol Honda yang juga menjuarai kelas 125cc di 2010 kini sedang menikmati mimpi sebagai rookie di MotoGP yang sudah memenangkan tiga balapan dan memimpin klasemen semantara MotoGP dengan 16 poin di atas rival terdekatnya, Pedrosa.

“Aku tak pernah balapan di kelas 250 jadi aku tak bisa bilang jika Moto2 itu lebih baik atau lebih buruk, tapi aku pikir [Moto2] adalah kategori yang bagus karena Anda balapan dengan mesin 4-tak, jadi saat Anda ke MotoGP itu akan sedikit lebih mudah,” ucap Spaniard muda itu. “Sebagai contoh, ketika aku membuat langkah dari 125 ke Moto2 aku sedikit berjuang dengan engine brake mesin 4-tak.”

“Saat Anda lompat ke kelas MotoGP Anda butuh memahami bagaimana mengendarai motor ini dan seluruh sisi elektroniknya. Tapi bobotnya, mesin 4-tak dan semacamnya sedikit mirip dengan Moto2. Jadi buat ku [Moto2] lebih baik dibanding kelas 250.”

Selain Marc dan Bradl, beberapa pambalap MotoGP seperti Bradley Smith, Andrea Iannone, Aleix Espargaro, Kerel Abraham, Claudio Corti dan Yonny Hernandez, mereka semua adalah jebolan Moto2. Setidaknya mereka telah merasakan persaingan di Moto2 selama semusim.

Saat ini Scott Redding memimpin klasmen Moto2 di susul Pol Espargaro. Keduanya diharapkan akan naik kelas ke MotoGP tahun depan.