0
719

Lorenzo Bisa Balapan Lagi, Tapi Harus Hati-hati

GILAMOTOR.com – Sebelumnya Jorge Lorenzo bilang nggak mau ambil resiko. Dia bilang akan istirahat saja untuk mempercepat pemulihan cedera biar bisa gas poll lagi di seri selanjutnya di Indianapolis.

Soalnya, cedera yang dialaminya saat latihan bebas di Assen, kambuh di Sachsenring gara-gara jatuh lagi di latihan bebas kedua. Akibatnya, plat titanium yang ditanam di bahunya rusak, tulang selangka yang patah jadi tiga bigian pun makin acak-acakan.

Mau nggak mau, tim dokter mengangkat plat yang rusak dan menggantinya dengan yang baru. Bedanya, kalau operasi pertama dokter pakai 8 skrup untuk mengikat plat dan tulangnya, di operasi kedua pasca terjatuh di Sachsenring, tim dokter butuh 10 skrup untuk menyanggah plat titanium dan 1 skrup tambahan ditanam di antara patahan tulang. Nggak cuma itu, dokter juga harus mengambil beberapa suptansi tulang dari panggul yang dicampur dengan tulang kering. Impant itu ditempelkan di tulang selangka setelah beberapa bagian patahan tulangnya harus diangkat dan diganti dengan implant itu untuk mempercepat konsolidasi tulang.

Setelah beberapa hari operasi kedua beres, sepertinya rencana Lorenzo untuk istirahat dan melewatkan seri Laguna Seca akan berubah. Soalnya, dokter menyatakan kalau Lorenzo sudah bisa balapan lagi.

Setelah balapan di Sachsenring selesai, rekan satu timnya, Valentino Rossi, mengutarakan opininya kalau Lorenzo pasti ada di Laguna Seca. “Jorge akan ada di sana”.

Dari hasil pemeriksaan dan pengetesan kondisi cederanya di rumah sakit Catalunya General Hospital, Dr. Marc Cots berkomentar “Pemulihan cederanya berjalan baik dan terlihat normal. Plat yang kami tanam berada di posisinya dan kami senang dengan perkembangan pemulihan cederanya. Secara fisik Jorge bisa balapan lagi, seperti yang dia lakukan di Assen.”

“Tapi saran kami agar hati-hati dan menghindari resiko kecelakaan lain, tapi keputusan kapan untuk kembali balapan terserah pada Lorenzo dan saya kira dia akan segera membuat keputusan itu.”

Kalau Lorenzo masih terjangkit syndrome Hero seperti di Assen, so pasti dia bakal hadir di Laguna Seca.