1
1104

Valentino Rossi : Aku dan Stoner Punya Karakter Yang Sangat Berbeda

GILAMOTOR.com – Marc Marquez melewati Rossi seperti Rossi melewati Stoner di tikungan yang sama, Corkscrew. Tapi bedanya, saat itu Stoner tak terima dengan apa yang dilakukan Rossi. Tapi Rossi menganggap apa yang dilakukan Marquez adalah overtake yang normal, tak ada kesalahan baik dari pembalap atau peraturan atau race direction.

“Bagi ku, kami [Rossi dan Stoner] punya karakter yang sangat berbeda khususnya dalam memandang balapan. Aku suka overtake yang luar biasa seperti itu,” ucap Rossi.

Rossi juga mengakui kalau dia tak suka di overtake, karena itu menyakitkan. Tapi itulah balapan, suka tak suka itu harus terjadi. “Aku suka overtake yang luar biasa. Tapi saat aku di atas motor dan di-overtake seperti itu aku akan bilang ‘f*uck’..” ucap Rossi sambil nyengir menceritakan overtake yang dilakukan Marquez terhadap dirinya di tempat yang sama.

Rossi mejelaskan bahwa overtake di tempat itu sangat sulit karena posisi trek yang menajak dan langsung menikung di turunan. Jadi para pembalap tak bisa melihat trek di depannya. “Tikungan itu sulit karena pembalap tak tahu dimana treknya, dimana tikungannya dan dimana akan berakhir,” jelas Rossi tentang tikungan Corkscrew.

“Saat Anda balapan di MotoGP khususnya di Corkscrew, itu posisi yang sulit untuk memahami dimana posisi Anda bahkan di saat Anda sendirian. Kadang Anda berpikir ‘ya aku di trek tapi posisi Anda di tikungan’ karena lokasi itu sangat triki. Jadi Anda bisa bayangkan jika terjadi overtake seperti itu.”

Aksi overtake Rossi di Corkcsrew jadi balapan dan overtake terbaik Rossi di 2008. Dan dianggap jadi salah satu balapan terbaik sepanjang karir Valentino Rossi.

1 COMMENT

  1. Sebenarnya beda rossi vs stoner dan rossi vs marquez. Rossi pada 2008 adalah motor yang lebih pelan, overtake ducati yang lebih kencang. sedangkan marc overtake rossi yang memang lebih pelan. Ditambah adanya pasir di corkscrew di tahun 2008 yang bisa buat Rossi jatuh. Overall pantes banget Stoner keki karena dia juara dunia di motor yang lebih kenceng.