0
871

Stoner Tes RC213V di Motegi, Suzuki Pelajari ECU Baru, Yamaha Kirim Pasukan

GILAMOTOR.com – Ujug-ujug Yamaha Factory Racing Team (FRT) mengirim pasukannya ke Sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang untuk melakukan tes resmi di tengah-tengah liburan sesi ini. Padahal, sebelumnya Yamaha hanya punya jadwal untuk menjajal mesin baru dan Seamless Shift Gearbox (SSG) nya di Sirkuit Brno Republik Ceko pada 6-7 Agustus.

Dua test riders Katsuyuki Nakasuga dan Wataru Yoshikawa dan tim dikirm Yamaha ke Motegi. Untuk apa Yamaha mengirim pasukan ke Motegi padahal sebelumnya hanya punya jadwal mengetes SSG di Brno.?

Boleh jadi, Yamaha hanya ingin mengamati pergerakan Honda saat test motor barunya oleh Casey Stoner yang untuk kali pertama kembali ke MotoGP setelah pergi pada akhir November lalu. Stoner paling kenal dengan karakter RC213V. Honda butuh masukan Stoner dalam pengembangan motor barunya yang sudah lama dijadwalkan Honda. Jadi dengan mengirimkan pasukan ke Motegi, Yamaha bisa sambil memantau pergerakan dan perkembangan Honda.

Selain Honda dan Yamaha, Suzuki juga datang ke Motegi bersama pembalap tes nya Randy de Puniet. Tapi Suzuki punya program yang jelas, persiapan menuju MotoGP 2015 khususnya untuk mencari tahu Electronic Control Unit (ECU) baru dari Magneti Marelli yang belum bisa disandingkan ke prototype 1000cc nya. Seoalnya, selama ini dan dalam tes ini Suzuki masih menggunakan ECU keluaran Mitsubishi.

“Kami masih dalam pengetesan dan tahap pengembangan motor,” ucap Davide Brivio, Team Manager Suzuki kepada Motogp.com. “Kami akan melanjutkan pekerjaan kami dengan data yang sudah kami kumpulkan di tes sebelumnya di Motegi, Barcelona dan Aragon beberapa bulan lalu. Pengembangan tak terhenti sampai di sini dan pekan ini kami akan mencoba setup sebelumnya dan melanjutkan pekerjaan pada elektronik, sasis dan mesin untuk mengembangkan performa.”

“Kami masih bekerja dengan ECU Mitsubishi di motor ini, tapi analisa [wajib] ECU Magneti Marelli tetap berjalan. ECU itu masih belum siap disandingkan di prototype ini, tapi akan kami gunakan dalam waktu dekat,” tutup Brivio