0
823

Velentino Rossi Cerita SSG Yamaha, M1 Makin Stabil Akselerasi Mantap

GILAMOTOR.com – Akhirnya hasil tes Seamless Shift Gearbox (SSG) Yamaha sedikit terdengar melalui mulut Valentino Rossi. Wartawan yang kumpul di presscon MotoGP Amrik menanyakan masalah tes SSG Yamaha di Brno beberapa waktu lalu. Rossi sedikit memaparkan pengalaman dan rencana Yamaha pada gearbox barunya itu.

Dikatakan Rossi, di awal-awal putaran SSG nggak terlalu bekerja. Tapi setelah beberapa putaran, baru terasa kedahsyatannya. Mungkin karena Rossi belum menemukan trik memaksimalkan kinerja SSG nya. Makanya The Doctor bilang kalau SSG nya baru terasa setelah beberapa putaran. “Yang aku rasakan di awal putaran tak ada banyak perubahan pada lap time. Kami coba membandingkan dengan versi konvensional. Seperti yang banyak dibicarakan, aku rasa gap nya lebih kecil dari itu,” beber Rossi membandingkan gap perpindahan gigi yang didapat dari analisa suara kenalpot di video tes Brno.

Lanjut lagi.. “Kerja SSG baru terasa setelah sekitar 20 sampai 30 lap, motor jadi lebih mudah dikendarai, lebih stabil dan lebih stabil saat berakselerasi, lebih stabil di pengereman,” terang Rossi dengan suara bindengnya. Sepertinya Rossi sedang flu. Dia pakai syal yang melilit di leher di balik jaketnya, sementara pembalap lain cuma pakai kemaja dan kaos.

Rossi mengakui kalau SSG sangat penting. Pengaruhnya besar ke semua sektor. Bahkan mengurangi stress pada ban yang membuat ban bisa bekerja maksimal dan lebih tahan lama. Itu sangat menguntungkan para pembalap karena motor jadi lebih mudah digeber sampai limit nya. Soalnya saat perpindahan gigi tak ada lagi hentakan tenaga berlebih yang mengakibatkan wheelie berlebih. Tenaga tersalur mulus dengan minim jedah waktu di setiap perpindahan gir.  Karena itu, pembalap juga jadi minim kesalahan saat mengatur kombinasi kecepatan, putaran mesin dan pengereman di tikungan. “Anda tak perlu mengubah riding style, cuma perlu sedikit pakai trik untuk memaksimalkan kinerja gearbox agar lebih cepat. Saat mengoper gigi pada saat miring ekstrim pun semua bisa dilakukan dengan mudah.”

“Rasanya sangat fantastis. Gearbox nya sangat mantap. Akselerasi juga sangat bagus. Tapi kami tak tahu kapan kami akan menggunakannya. Aku dan Jorge memaksa untuk menggunakan SSG secepatnya sebab itu memang sangat bagus. Tapi orang-orang Jepang mengatakan untuk tenang. Gearbox adalah komponen yang sangat penting dan kami harus siap 100%. Kami harap bisa pakai secepatnya,” beber Rossi.

Senada dengan Rossi, Lorenzo juga mengatakan hal yang sama. “Kami mencobanya di Brno. Tapi masih evaluasi dan belum siap digunakan saat ini. Aku harap bisa menggunakannya segera untuk membantu meraih gelar juara,” tutup Jorge.