0
1009

Skuter Listrik BMW C Evolution, Siap Dipasarkan

GILAMOTOR.com – Motor hybrid, motor listrik, adalah motor dengan teknologi masa depan. Tujuannya untuk hidup yang lebih baik. Sekaligus sebagai antisipasi saat bahan bakar fosil sudah tak memungkinkan untuk digunakan, motor listrik adalah jawaban.

Di Frankfurt, Jerman, BMW merilis skuter terbarunya dengan penggerak listrik, BMW C Evolution. Tahun 2012 motor ini muncul sebagai konsep. Setelah setahun dites di berbagai wilayah di Eropa, sekarang C Evolution bukan lagi sebagai konsep skuter, tapi sudah jadi real big scooter yang akan mengisi pasar sepeda motor Eropa dan berlanjut ke berbagai negara di dunia.

Dari press release yang dikeluarkan BMW, dijelaskan kalau C Evolution mengadopsi inovatif electric drive system melalui penggerak di lengan ayun. Tenaga mecapai 11 kW dan puncaknya bisa mencapai 35 kW sementara torsinya mencapai 72 Nm. BMW mengklaim kalau top speed skuter keren ini bisa mencapai 120 km per jam. Akselerasi dari 0 – 50 km/jam bisa ditempuh dalam waktu 2.7 detik. Dan akselerasi dari 0 – 100 km/jam bisa ditempuh dalam waktu 6.2 detik. Baterai berkapasitas 8 kWh diklaim bisa menggerakkan mesinnya sejauh 100 km dengan masa pengisian ulang 3 sampai 4 jam, tergantung kuat arus listrik di rumah sampean. Kalau listrik 220V dengan kuat arus mencapai 16 ampere cukup 3 jam saja, tapi kalau cuma 12 ampere bisa sampai 4 jam.

C Evolution juga menyediakan 4 mode pengendaraan macam Road, Eco Pro, Sail dan Dynamic. Pokoknya ada teknologi yang diaplikasi di mobil-mobil BMW juga diaplikasi di skuter ini.

Apakah skuter ini sudah cocok digunakan di Jakarta atau di kota bro en sis.?