0
1412

10 Pembalap Yamaha Diterbangkan Ke Jepang

GILAMOTOR.com – Setelah mengikuti beberapa sesi Yamaha Riding Academy (YRA) Gold (kelas Supersport 600 cc) yang difokuskan pada pengembangan pengetahuan supersport 600 cc, skill, attitude dan profesionalisme pembalap, 10 pembalap YRA Gold diterbangkan ke Sirkuit Sugo, Jepang.

Di Jepang, para pembalap Yamaha ini akan kembali menjalani pelatihan seperti yang mereka lakukan di Indonesia. Hanya saja, mereka dihadapkan dengan karakter sirkuit dan suasana yang jauh berbeda. Di Sirkuit Sugo yang bisa dikatakan punya lay out yang ekstrim untuk pembalap pemula kelas 600cc, diharapkan dapat mengembangkan kemampuan para pembalap YRA itu. Bukan hanya masalah balapannya saja, tapi juga cara mendapatkan seting motor yang tepat dalam waktu yang singkat.

“Setidaknya seorang pembalap akan kompetitif jika mereka bisa kompetitif di tiga sirkuit berbeda. Karena itu, mereka akan dilatih di Jepang oleh instructor professional yang punya jam terbang dan merasakan sirkuit yang sangat berbeda,” ucap M. Abidin, GM Technical Service PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) di sela-sela pelepasan 10 pembalap YRA ke Jepang di Jakarta (21/10).

“Sugo punya panjang 3.7 km  dengan 11 tikungan yang sangat berfariasi. Ada tikungan para bola atau speed corner ada juga tikungan lambat. Selain itu konturnya tidak tara, ada taikan dan turunan. Jadi pembalap bisa paham bagaimana cara menghadapi tikungan di trek menanjak dan di trek turunan,” tambah Supriyanto Manajer Motorsport Yamaha Indonesia.

Ditambahkannya lagi, ini adalah bentuk konsistensi edukasi lewat YRA untuk pembalap karena sukses bukan dari motor saja tapi pembalap. “Di Indonesia sirkuit hanya satu yang memadai yaitu Sentul. Kami pun memilih Jepang yaitu di Sugo karena sirkuitnya ekstrim dan suhu di sana dingin. Jepang juga terkenal dengan disiplin tinggi jadi cocok melatih pembalap Indonesia,” tambah Supriyanto.

Selepas dari YRA Internasional di Sirkuit Sugo, Jepang, 10 pembalap ini akan mengikuti uji fisik melalui balapan Suzuka Endurance 4 Hours. “Kami akan pilih 4 terbaik untuk diuji fisiknya di Suzuka Endurance 4 Hours. Bukan cuma terbaik dari catatan waktu mereka di YRA, tapi terbaik juga pada kekuatan fisiknya,” tutup Abidin.

Tahun depan YRA masih akan berlanjut, lebih fokus bukan hanya YRA Gold saja tapi juga fokus ke :
– YRA Basic – Novice Rider – Underbone
– YRA Bronce – Expert Rider – Sport

10 pembalap peserta YRA 2013 :

1. Imanuel Pratna – Supersport Rider – Yamaha Indoprom RT
2. Sudarmono – Supersport Rider/Indoprix Rider  – Yamaha DS Motto
3. Sigit PD – Indoprix Rider – Yamaha Yonk Jaya
4. Florianus Roy – Indoprix Rider – Yamaha Yonk Jaya
5. Anggi Permana – Indoprix Rider – Yamaha Trijaya Jaya
6. M Zaki – Motoprix Rider – Yamaha Trijaya Jaya
7. Fitriansyah Kete – Indoprix Rider – Yamaha Tunggal Jaya
8. Rey Ratukore – Indoprix Rider – Yamaha Tunggal Jaya
9. Tammy Pratama – Motoprix Rider – Yamaha SND
10. Yoga Adi Pratama – Indoprix Rider – Yamaha Ridlatama