0
700

Lorenzo Raih Pole, Kesempatan Terakhir Menuju Juara Dunia

GILAMOTOR.com – Lorenzo tampil dominan selama sesi latihan bebas MotoGP Phillip Island sejak Jum’at pagi (18/10) kemarin. Meski sempat kalah cepat dari dua pembalap Honda di latihan bebas ketiga, tapi Lorenzo berhasil mengamankan posisi pole untuk balapan Minggu pagi.

Selain meraih pole, Lorenzo juga berhasil mematahkan catatan waktu tercepat sirkuit Phillip Island yang sebelumnya dipegang oleh Casey Stoner.

Hasil kualifikasi ini jadi kesempatan dan peluang terakhir Lorenzo untuk meraih  gelar juara dunia ketiganya. Pasalnya, jika Lorenzo berhasil memenangi balapan ini, itu artinya Lorenzo berhasil menunda Marquez untuk merayakan gelar juara dunia pertamanya di Phillip Island.

Untuk menjadi juara dunia di Phillip Island, Marquez harus memenangi balapan seri ini agar selisih poinnya dengan Lorenzo menjadi 51 poin. Saat ini, Marquez unggul 43 poin atas Lorenzo yang ada di posisi kedua klasemen sementara dengan 255 poin.

“Aku sangat senang karena aku mendorong hingga limit untuk membuat lap terbaik dan aku membuat catatan waktu yang sangat bagus,” kata Lorenzo.

Tapi ada kendala yang dihadapi oleh semua pembalap di Phillip Island. Aspal baru yang melapisi trek sirkuit pinggir pantai itu, sangat kejam pada ban Bridgestone. Banyak ban yang terkelupas bahkan pecah akibat gesekan di aspal baru itu. Bahkan Bridgestone sendiri menyarankan agar para pembalap menggunakan ban belakang dengan kompon keras demi keselamatan.

“Kami punya beberapa masalah dengan ban karena aspal baru membuat ban lebih cepat tergerus; kita akan lihat nanti jika ada keputusan dari Dorna atau Bridgestone untuk balapan. Jika kami bisa membuat start yang bagus kami akan berusaha menjauh sejak awal,” tutup Lorenzo.