2
1009

MotoGP 2014, Tak Ada Lagi Corkscrew Laguna Seca

GILAMOTOR.com – Tahun depan, sirkuit Laguna Seca tak akan ada lagi dalam kalender MotoGP. Sirkuit yang terkenal dengan tikungan Corkscrew nya itu dikabarkan tersingkir sebagai salah satu sirkuit penyelenggara MotoGP 2014. Meski sebelumnya Laguna Seca sudah menandatangani kontrak untuk musim depan.

Kabar itu berhembus sejak MotoGP Seri Aragon akhir pekan kamerin. Sebelum kabar ini berhembus, Dorna Sport sudah melakukan pertemuan dengan pengelola Laguna Seca saat balapan MotoGP di seri Silverstone lalu. Dan hasilnya, Dorna terpaksa membatalkan kontrak yang sudah dibuat antara Dorna Sport dan Laguna Seca.

Pokok masalahnya ada pada urusan dana. Pasalnya, pengelola sirkuit Laguna Seca dikabarkan keberatan membayar sejumlah uang yang cukup besar. Angkanya diperkirakan lebih dari 1,5 juta dollar. Berbeda dengan dua sirkuit yang ada di Amerika lainnya, Austin dan Indianapolis, Laguna Seca Mazda Raceway dikelola oleh lembaga yang tak berorientasi pada profit.

Dengan tersingkirnya Laguna Seca dari kalender MotoGP 2014, maka balapan musim depan akan kembali memperlombakan 18 seri, dimana sebelumnya dijadwalkan ada 19 seri dengan kembalinya Brazil sebagai salah satu negara tuan rumah helatan balap dunia itu.

Selain itu, dengan tersingkirnya Laguna Seca dari kalender MotoGP 2014, tak akan ada lagi sirkuit penuh kenangan aksi-aksi memukau dari para pembalap kelas dunia. Sirkuit dengan lay out yang terbilang cukup aneh, naik-turun, pernah menyajikan overtake paling memukau sepanjang sejarah MotoGP. Duel Velentino Rossi dan Casey Stoner tahun 2008, dimana aksi overtake Rossi di tikungan Corkscrew jadi cikal-bakal permusuhan antara pembalap Italia dan Australia itu.

Kemudian aksi itu terulang di tahun 2013 dimana pemilik overtake tikungan Corkscrew diovertake di tukungan yang sama. Marc Marquez melakukan aksi itu kepada Rossi persis seperti apa yang dilakukan Rossi kepada Stoner. Bahkan Marc menyatakan akan membayar royalty kepada Rossi atas copycat aksi overtake di Corkscrew. Tapi pernyataannya itu diucapkan sebagai guyonan semata.

2 COMMENTS

  1. ytUzQs I just couldn’t depart your website prior to suggesting that I extremely enjoyed the standard info a person provide for your visitors? Is gonna be back often to check up on new posts