0
1925

SMOG Fun Race, Balapan Supermoto di IIMS 2013

GILAMOTOR.com – Balapan supermoto memang belum besar, tapi keberadaan motor dual purpose ini sedang membesar. Di tanah air, motor dua alam ini tumbuh dari suburnya klub dan komunitas penunggang supermoto. Salah satu nya Supermoto Owner Group [SMOG].

SMOG adalah salah satu komunitas supermoto yang doyan turing keliling Indonesia. Dalam setahun, setidaknya ada tiga atau empat kali turing jarak jauh. Cari suasana baru, para pecinta supermoto ini mulai merambah sirkuit. Selain untuk refreshing juga untuk uji kemampuan dan pelampiasan jiwa muda yang suka dengan kecepatan. “Kita sering latihan dan balapan di sirkuit Sentul Kecil. Dari pada balapan di jalan raya, di Sirkuit jauh lebih aman,” ucap Lerry Rahmat Rizky pentolan Caos Custom Bikes di bilangan Pancoran Jakarta.

“Selain cari suasana baru, main di sirkuit juga jadi ajang latihan balap dengan supermoto, latihan drifting dan olahraga sambil senang-senang.”

Dalam helatan pameran mobil terbesar di Indonesia [IIMS] 2013 di JIExpo Kemayoran kemarin, SMOG kembali membuat acara balapan supermoto, SMOG Fun Race 2013 di arena yang juga digunakan sebagai lintasan balap Gymkhana. Kehadiran para penunggang motor dua alam ini cukup memberi nuansa baru. Pasalnya, di tengah-tengah riuhnya pameran mobil-mobil mewah dan segala komponen pendukungnya, raungan knalpot puluhan supermoto cukup menyita perhatian.

SMOG Fun Race 2013 melombakan dua kelas, pemula dan seeded. “Ada dua kelas yang dilombakan Seeded dan pemula. Total peserta mencapai 70 starter,” Hotma Doloksaribu, Ketua Panitia SMOG Fun Race 2013.

Meski penyelenggaraan balapan ini terbilang super mendadak, lelaki yang akrab disapa Dolok itu menyatakan bahwa antusiasme peserta sangat tinggi. “Karena persiapan yang super mepet, peserta akhirnya kita batasi hanya 70 starter saja. Sebenarnya perserta yang mau ikutan lebih banyak dari itu. Melebihi ekspektasi kita,” tambah Dolok.

“Ini merupakan kegiatan positif dari para pecinta supermoto di Indonesia. SMOG Fun Race juga jadi ajang kompetisi untuk menguji skill dan mental serta sportifitas sebagai persiapan ajang balap resmi supermoto yang akan diselenggarakan IMI tahun depan,” tutup Dolok.

Sebagai informasi, SMOG merupakan payung komunitas yang mewadahi 14 komunitas supermoto yang tersebar di sejumlah kota di Tanah Air.