1
779

3 Kelas GP 2013 Dikuasai Spanyol, Perdana Mentri Beri Penghargaan

GILAMOTOR.com – Juara dunia di tiga kelas Grand Prix 2013 berasal dari Spanyol. Di kelas MotoGP diwakilkan Marc Marquez, Moto2 oleh Pol Espargaro dan Moto3 oleh Maveric Viñales.

Sejauh ini, para pembalap Spanyol mendominasi kejuaraan balap dunia. Selain skill dan mental para pembalap, pemerintah dan fasilitas balapan di Spanyol sangat mendukung terbentuknya para juara dunia. Empat dari 18 seri digelar di Spanyol.

Sebagai penghargaan dari negara kepada para juara dunia yang telah mengharumkan nama negaranya, ketiga pembalap itu mendapat penghargaan yang diberikan langsung oleh Perdana Menteri Mariano Rajoy di Madrid, kemarin (21/11).

Dalam satu musim, Spanyol meraih tiga gelar juara dunia yang datang dari tim Repsol Honda, Tuenti HP 40 dan Calvo. Rajoy menegaskan bahwa ketiga pembalap Spayol itu sebagai pembalap yang tak terkalahkan. “Absolutely unbeatable” ucap Rajoy.

“Jutaan orang Spanyol senang mendedikasikan waktu libur mereka para hari Minggu untuk menyaksikan bagaimana Anda menang,” ucap Rajoy kepada Marquez, Espargaro dan Viñales.

Penghargaan, kemenangan dan kebahagiaan adalah hasil dari kerja keras, dan Pernada Menteri Spanyol itu berharap hal itu menjadi contoh kepada seluruh warganya. Perdana Menteri Rajoy juga mengucapkan terimakasih kepada tim dan manajer tim yang terlibat dalam pencapaian sukses itu. Menurut Rajoy, tanpa peralatan dan dukungan dari mereka (tim dan manajer) ketiga pembalap Spanyol itu tak bisa berbuat apa-apa.

Espargaro meraih gelar juara dunia Moto2 nya di Motegi, Jepang. Dua pekan kemudian, Marquez dan Viñales menyempurnakan kejayaaan Spanyol di kejuaran balap dunia di sirkuit Valencia pada 10 November.