1
1223

AHM Bangun PLTMH Ke-4 di Bali

GILAMOTOR.com – PT Astra Honda Motor (AHM) kembali mengimplementasikan komitmennya dalam pemberdayaan masyarakat dengan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) berkapasitas 20.000 watt untuk masyarakat di sekitar Desa Tamblang, Kubutambahan, Kabupaten Buleleng, Bali.

Peresmiannya dilakukan oleh Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST berlangsung pada Selasa, 12 November 2013, disaksikan jajaran Muspida setempat dan manajemen AHM.

Pembangunan PLTMH ini dilakukan dengan memanfaatkan aliran sungai O’ot. Di lokasi ini, air menggerakkan turbin yang menghidupkan generator sehingga menghasilkan listrik yang disalurkan ke unit-unit usaha kecil menengah yang ada di Desa Tamblang.

Ini merupakan PLTMH ke-4 yang dibangun AHM setelah PLTMH di Kasepuhan Ciptagelar, Sukabumi, dan Pekon Tuguratu serta Banding Agung, di Lampung Barat. PLTMH di Kubutambahan Bali ini dikembangkan AHM bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Udayana.

Head of Corporate Communication AHM Kristanto menyatakan upaya mengembangkan energi terbarukan merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsiblity (CSR) yang dilakukan dalam upaya kegiatan  pemberdayaan masyarakat sekitarnya. “Kami berharap masyarakat lokal dapat memanfaatkan PLTMH ini sebagai sarana menuju kehidupan yang lebih baik, lebih produktif dan mandiri dalam usahanya meraih kesejahteraan. Jika selama ini mereka masih menggunakan energi berbahan bakar fosil namun sekarang sudah menggunakan sumber energi terbarukan dengan Mikrohidro” ujar Kristanto.

Donasi Motor

Sementara itu, pada hari yang sama, AHM juga memberikan donasi 2 unit sepeda motor kepada BLK (Balai latihan Kerja) Yayasan Widya Shanti Dharma – Vishada Ashram di Bedugul. Dengan bantuan unit ini, praktik dan pengembangan keahlian teknik otomotif. para peserta pelatihan di lembaga ini dapat berjalan lebih baik.

Selain bantuan terhadap BLK ini, dalam rangka mengantarkan anak muda agar lebih siap memasuki dunia kerja, AHM telah mendonasikan 62 unit sepeda motor sepanjang tahun ini. Donasi motor ini diberikan kepada SMK yang telah mengimplementasikan kurikulum teknik sepeda motor (KTSM) Honda yang tersebar di hampir setiap provinsi di Indonesia.