3
1860

Classic Bike Race, Usaha BBMC Lestarikan Sejarah

GILAMOTOR.com – Rayakan ulang tahun ke-25, Bikers Brotherhood MC (BBMC) Indonesia menggelar balapan motor klasik di Sirkuit Brigif 15 Cimahi pada awal November kemarin. Balapan yang dikemas dalam tema 4th Classic Bike Race itu diikuti oleh 128 starter dari 282 riders yang hadir meramaikan hajatan BBMC sebagai rangkaian heat event pertama The 25th Silver Jubilee of BBMC.

Berbagai peserta dari klub dari Surabaya, Probolinggo, Yogyakarta, Jakarta, Bogor dan lain-lain meramaikan 19 kelas yang dipertandingkan mulai CB, Vespa hingga motor-motor tua Eropa dan Amerika.

Classic Bike Race memang menjadi wahana yang menampung antusias para penggemar balapan motor tua yang tidak terakomodasi di kejuaraan balap institusi resmi. BBMC melihat bahwa untuk melestarikan sejarah tidak melulu harus dengan melakukan kegiatan yang umum. We have our own rock n roll to show we care, itu slogan yang sering dikumandangkan BBMC.

“Di luar race yang menjadi kontribusi BBMC di dunia balap, Classic Bike Race adalah wahana pemersatu bagi kalangan bikers lainnya, misalnya Vespa. Kita sudah berdiri seperti sekarang hingga 25 tahun karena adanya klub-klub lain atau komunitas yang selalu mendukung BBMC. Seperti sekarang komunitas sepeda onthel dan juga kita mengundang para kaum difable yang meramaikan balapan” ujar Budi Dalton, El Presidente BBMC Indonesia.

Ditambahkan El Presidente, acara Classic Bike Race juga diadakan dalam rangka menyambut Hari Pahlawan 10 November di mana BBMC juga mempunya hajatan lain yakni Kayuh untuk Pahlawan, yakni kegiatan sepeda santai bagi masyarakat pada tanggal tersebut.

“Yang paling penting, CBR adalah salah satu bagian dari kepedulian BBMC terhadap aset sejarah Nasional. Menurut UU No.5 Tahun 1992 mengenai Cagar Budaya yang telah disempurnakan UU No.11 tahun 2010, bahwa benda yang lebih dari 50 tahun, harus menjadi perhatian pemerintah. Artinya, kita butuh perhatian setidaknya dengan kemudahan surat buat motor tua untuk melestarikannya,” sambung Budi yang mendampingi Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar pada pembukaan CBR.

Dalam kaitannya dengan perayaan ulang tahun ke 25, BBMC tengah merancang pembangkit listrik tenaga accu serta motor anti banjir serta pembangunan Masjid Al Ukuwah di Cibiru yang peletakan batu pertamanya telah dilakukan Oktober lalu sebagai bagian dari program Brotherhood for Education. ”Sementara program Brotherhood Care juga menjadi bagian dari Forum Pengurangan Risiko Bencana Jawa Barat,” tambah Budi Dalton.

Sedangkan puncak acaranya, BBMC mengadakan program apresiasi berupa hadiah motor ‘Respect Bike’ Triumph Bonneville T100 special edition yang dirancang custom ala BBMC serta 24 official merchandise lainnya dengan membeli kupon sebesar Rp 250,000,-. Motor tersebut akan diundi di acara puncak The 25th Silver Jubilee of BBMC di Gudang Persediaan PT KAI, Jl Sukabumi Bandung.

3 COMMENTS