0
490

Honda RCV1000R, Tunggangan Hayden dan Redding di MotoGP

GILAMOTOR.com – Akhir pekan ini Honda resmi memperkenalkan RCV1000R Production Race. Motor ini merupakan motor balap khusus untuk tim pribadi yang akan bertarung di balapan MotoGP.

Tercatat ada empat pembalap yang akan menggunakan motor ini, Nicky Hayden (Aspar), Scott Redding (Gresini) dan Karel Abraham (Cardion AB). Serta satu pembalap yang akan menemani Hayden akan di perkenalkan nanti.

Motor ini sebelumnya dites oleh Casey Stoner di Motegi. Hasilnya cukup menjanjikan. Selisih waktu antara motor RCV1000R Production Racer dan tim pabrikan hanya sekitar 0.3 detik. Catatan waktu Itu diraih dengan kompon ban yang sama. Jika menggunakan kompon yang lebih lunak, selisihnya bisa lebih tajam lagi sekitar 0.17 detik.

RCV Production Racer menggunakan rangka seperti yang digunakan tim pabrikan. Perbedaannya terletak pada sistem katup yang masih mengunakan per spiral, bukan pneumatic dan gearbox tanpa seamless shift gearbox.

Tenaganya diklaim mencapai 235 hp di 16,000 rpm. Sistem ECU akan dikawal oleh hardware dan software buatan Magneti Marelli. Dengan demikian tangki akan menggunakan kapasitas 24 liter dengan 12 mesin di setiap musimnya.