2
1334

Jadi Mainan Baru Petualang, Yamaha X-Ride Makin Dicari

GILAMOTOR.com – Selain punya desain berbeda dari skuter matik lainnya, Yamaha X-Ride juga punya daya jelajah yang jauh lebih baik dari skuter di kelasnya. Dibuktikan Yamaha sesaat setelah prosesi peluncurannya, X-Ride langsung diajak blusukan di lereng Gunung Merapi. Dan akhir pekan kemarin, X-Ride juga diuji di kompetisi X-Race (Extreme Ride Adventure Challenge).

Desainnya memang mengarah pada segmen motor pehobi, pun begitu X-Ride juga nyaman untuk harian.

Dari kelebihan yang ditawarkan X-Ride, permintaannya pun semakin meningkat sejak pertama kali diluncurkan pada bulan Maret lalu. Bahkan dikatakan Eko Prabowo, GM Promotion and Community Development PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) di sela-sela acara X-Race di Bukit Hambalang, Bogor, (11/11), permintaan X-Ride cendrung meningkat dan mulai indent.

“X-Ride hadir sebagai segmen baru dengan kemampuan jelajah yang lebih baik. Ini buktinya (X-Race),” buka Eko Prabowo.

“Pasar semakin menerima skutik ini. Sejak awal diluncurkan pemintaannya terus meningkat. Awal diluncurkan kami menjual sekitar 3000-an unit, lalu naik ke angka 6000-an unit perbulan dan sampai ke 10.000-an unit perbulan. Bahkan sekarang mulai ke arah indent karena permintaannya semakin tinggi,” tambah lelaki ramah yang doyan bertualang di alam bebas ini.

Posturnya X-Ride lebih jangkung dari kebanyakan skutik Yamaha lainnya. Meski demikian, nyatanya skutik ini nyaman dikendarai untuk pengendara berpostur tak terlalu tinggi.

Meski punya mesin sama dengan Soul GT 115cc, 4 langkah, 2 valve SOHC, berpendingin udara dengan teknologi injeksi YMJET-FI, Forged Piston dan DiAsil Cylinder, tapi daya jelajah skutik ini jauh lebih baik. Akselerasi responsive diklaim Yamaha karena punya tenaga lebih besar 5 persen dibanding SoulGT.

Masalah tenaga, mungkin Yamaha tak terlalu terfokus ke arah sana, karena mesin yang juga digendong Soul GT ini sudah terbukti ketangguhannya. Tetapi kemampuan jelajahnya, itu yang jadi pokok pemikiran Yamaha. Ground clearance lebih tinggi dibanding skutik lainnya, makanya dibawa ke medan off road jadi lebih nyaman. Ground clearance nya 22mm lebih tinggi dari Soul GT. Selain itu, pengaplikasian twin tube di suspensi belakang membuat X-Ride lebih kuat. Suspensi ini punya karakter X-Tra duty dengan dua tingkatan spring-nya.

2 COMMENTS

  1. Monk games n. Gets to a lot 2 million buildings in the course of mn, Wisconsin, Iowa in addition, n. To the even close to Dakota telecasts 2,600 hours time relating to in the neighborhood grew lisenced users each year.