12
2371

Tangki R25 Dilapis Kondom, Ini Alasan Yamaha

GILAMOTOR.com – Dulu Yamaha Byson datang dengan tangki bensin yang ditutupi kondom. Kini motor sport Yamaha R25 pun menggunakan kondom pada tangki bbm nya.

Ada beberapa alasan Yamaha mengapa R25 menggunakan tangki yang dilapis kondom. Yang pertama, jelas lebih mudah saat mendesainnya. “Lekukannya tinggal disesuaikan,” kata M. Abidin, GM Service and Motorsport Yamaha Indonesia di sela acara Bedah Teknologi R25 di Rolling Stone Café Jakarta [17/6].

Keuntungan pertama itu sepertinya untuk produsen, karena saat memproduksi tangki akan mudah membentuk desain yang diinginkan. Tapi jelas ada keuntungannya juga buat konsumen. Missal, Abidin kembali menjelaskan, “Kalau ingin memodifikasi tangkinya, konsumen tinggal ubah cover atau kondomnya saja, tak perlu mengganti tangkinya. Selain itu, cover aslinya bisa disimpan dan sewaktu-waktu bisa dipakai lagi,” terang Abidin.

Keuntungan lainnya, kalau tangki dari plat terbentur benda keras dan penyok, proses perbaikannya akan lebih sulit dan tak bisa kembali sempurna.

“Tapi kalau tangki model R25 sampai pecah, toh yang pecah hanya kondomnya saja, tapi tangkinya masih utuh. Konsumen tinggal mengganti kondomnya saja dan motor pun masih bisa dijalankan tanpa takut bensinnya bocor.”

Abidin mencontohkan Byson yang sukses menggunakan pola tangki kondom. “Tak ada masalah, karena kami sudah terapkan pada Byson dan itu sukses. Bahkan Byson menjadi lebih keren, handling lebih ringan,” tutup Abidin.

Ya, tentunya penggunaan kondom dari plastic atau fiber jelas lebih ringan disbanding menggunakan plat, dan itu salah satu yang membuat bobot R25 jadi lebih ringan, hanya 166 kg.

12 COMMENTS

  1. Cuma ada 2 kemungkinan
    Pertamax
    bahan tangki menggunakan plat tipis untuk mengurangi ongkos produksi.krn ongkos murah harga produk jd murah untuk sasaran kelas yg mencari barang murah.vizion jg br keluar..ga kondoman tuh.
    Keduax
    Klo mau keren hanya dr tampilan..apa bisa disamakan dengan yg betul2 plat besi tangki fuel nya..engga toh..klo bisa mendingan pakai hp cina dibalut kondom blackberry dong..kan yg penting tampilan…
    Jd menurut saya..better motor laki bertangki asli,bukan kondoman.
    Klo memang lebih baik kondom,saya yakin motor harley dan triumph pake kondom jg bikinnya.

  2. harley dan triumph aja yang di sebut kang? emang situ ga tau yah ducati tangkinya kondom juga 😀 yah kirain tau.

  3. Oohh ga tau klo ducati mah..ga punya saya..br tau aja klo kelas ducati pake kondom..strada pun enggak pake kondom2an setau saya..situ punya ducati pake kondom??tipe apa?babeh saya ada er 6n doang.. Itu pun kelas kawasaki ga adaaaa yg pake kondom2an om tangkinya..yaa kelessss om..ducati kondom..mungkin ada ya?

  4. MV-AGusta F4 yang 480 juta juga pake kondom kang,,,
    pake kondom bukan berarti murahan kan,,

  5. KTM 690, 990 adventure, 1100 pake kondom juga, kenapa sih bangga amat kalo pake tangki plat kesannya hebaat biasa aja, tros anda bangga dengan tanki plat..wew

  6. yoi… kondom pada tangki motor.. sah sah aja ! yang penting tetap AMAN, sesuai dengan program pemerintah (BKKBN)..gunakanlah kondom, 2 anak cukup..
    ha..ha..

  7. gw yakin yang punya motor bertangki plat aja pengen dipasangin lapisan kondom biar lapisan dalamnya aman..hehe

  8. Sapa yg bilang kondoman murahan? Punya gw Ducati Diavel dalam nya tanki plastik, tapi kondom karbon. Kurang pengetahuan Bro komint ini… Belajar lagi Bro…

  9. Generally I don’t read article on blogs, however I would like to say that this write-up very pressured me to try and do it! Your writing style has been amazed me. Thanks, very great article.