2
622

Alasan Honda Belum Jual Moge Di Indonesia

GILAMOTOR.com – Pasar motor sport Tanah Air terus tumbuh. Meski tak besar, tapi pergerakannya terus naik. Bahkan kini pabrikan mulai memasarkan motor sport denga kapasitas mesin yang jauh lebih besar.

Kawasaki, Yamaha dan Suzuki misalnya, tiga pabrikan Jepang itu sudah menjual motor sport bermesin 600 cc – 1.000 cc. Lantas bagaimana dengan Honda?

“Belum saat ini,” jelas Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor [AHM] Margono di Jakarta (30/6).

Lebih lanjut Margono memaparkan, AHM bisa saja mendatangkan mogenya dari Jepang, karena Honda punya banyak model, tinggal pilih saja mau yang mana. Tapi kembali ditegaskan Margono saat ini bukan waktunya untuk mendatangkan moge.

AHM bukan tak mau mendatangkan moge dalam waktu dekat, tapi banyak hal yang harus dipersiapkan. “Kami jelas berbeda dengan importir umum, hanya mendatangkan produknya saja. Kalau seperti itu sih mudah saja, karena kita punya line up yang lengkap mulai dari 500 cc hingga 1.000cc,” paparnya.

“Tapi kita harus analisa pasarnya lebih dulu, kita tak bisa menjual produk saja. Kita harus persiapkan after sales servicenya, mekaniknya pun harus dipersiapkan. Perlu waktu menganalisanya,” tegas Margono.

“Kita tak mungkin menservice moge di tempat yang sama dengan motor bebek dan sport 150cc. Selain butuh alat dan penanganan khusus, ukuran bodinya saja sudah beda, yah repot kalau diservice di tempat yang sama,” tambah Margono.

Sayangnya, Margono enggan menjelaskan progress analisa AHM soal pasar moge. “Saya belum bisa katakan kapan moge Honda akan hadir di sini, tapi kami harus memantau terus, karena pasar moge di Indonesia tetap ada,” tutupnya.

Teks: Jayadi | Foto: Honda