0
786

Yuk Daftarkan Klub Motor Mu di Safety Campaign Award

GILAMOTOR.com – I Wanna Get Home Safely [IWGS], sebuah kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan dari Adira Insurance melalui produk asuransi mobil yang dimilikinya yaitu Autocillin, menggelar Indonesia Road Safety Award yang ditujukkan untuk mendorong pemerintah kota atau kabupaten agar dapat menerapkan prinsip tata keselematan di jalan yang baik.

Selain itu, ada juga ajang penghargaan untuk komunitas melalui Safety Campaign Award [SCA], sebuah ajang penganugerahan lainnya bagi komunitas atau klub motor.

SCA merupakan ajang apresiasi yang khusus diperuntukkan bagi para bikers yang bergabung dalam komunitas atau klub yang aktif dalam melakukan kampanye keselamatan di jalan. Penghargaan yang bekerja sama dengan Road Safety Association (RSA), Sportku.com, dan Bikermagz.

Untuk menjadikan ajang ini semakin berkualitas dan berkompeten, para komunitas atau klub motor harus mengikuti berbagai seleksi yang ketat dan para juri dengan tahapan-tahapan pemilihan kandidat komunitas atau klub motor terbaik, diantaranya adalah: Tahap Proposal dimana komunitas atau klub motor harus membuat proposal satu kegiatan yang berkaitan dengan keselamatan di jalan (road safety).

Dari tahap proposal ini, nantinya akan terpilih 15 komunitas atau klub motor. Setelah itu, dilakukan penjurian Tahap Implementasi dimana 15 komunitas atau klub motor dengan proposal terbaik yang telah terpilih pada tahap sebelumnya diharuskan mengimplementasikan kegiatan tersebut sesuai dengan proposal yang telah diberikan. Pada tahap ini akan dipilih 10 besar komunitas atau klub motor terbaik.

Tahap terakhir dalam seleksi ini adalah Tahap Presentasi dimana komunitas atau klub motor yang terpilih akan diundang untuk melakukan presentasi di depan dewan juri. Tahap presentasi adalah tahap akhir pada rangkaian SCA. Pada tahap ini, 10 komunitas atau klub motor terbaik yang telah diseleksi pada tahap sebelumnya diharuskan mempresentasikan kegiatan yang telah dilakukan.

“Komunitas atau klub motor yang mengikuti tahapan seleksi tersebut harus memenuhi beberapa kriteria yang telah ditetapkan yaitu public exposure, manfaat dan keterlibatan pihak lain (multiplier effect), konsep kegiatan, serta inovasi dan keunikan,” ujar Ernita Sari, Business Support Division Head Adira Insurance.

Penghargaan ini juga akan memberikan sejumlah hadiah berupa uang tunai puluhan juta rupiah bagi 3 komunitas atau klub motor yang menjadi juara.

Ernita Sari menambahkan ”Ajang ini merupakan salah satu wujud kepedulian kami terhadap keselamatan masyarakat Indonesia saat berada di jalan dan kualitas SCA ini juga akan semakin ditingkatkan agar semakin banyak komunitas atau klub yang terdorong untuk mengampanyekan keselamatan di jalan melalui ajang penganugerahaan ini.”

“Nantinya, ajang ini akan kami adakan rutin setiap tahunnya seperti ajang ‘Índonesia Road Safety Award (IRSA)’ dan diharapkan akan terdapat peningkatan yang signifikan dari jumlah peserta SCA ini,” tambahnya.

Syaratan mengikuti Safety Campaign Award

  • Peserta harus merupakan komunitas atau klub. Bukan merupakan perseorangan, asosiasi, atau perkumpulan sejumlah komunitas/klub
  • Komunitas atau klub yang mendaftar harus pernah melakukan kegiatan yang berhubungan dengan edukasi mengenai keselamatan di jalan atau safety riding ke anggota komunitas atau pihak lain setidaknya 2 kali dalam 2 tahun terakhir. Hal ini ditandai dengan foto-foto kegiatan
  • Sekretariat berada di wilayah Jadetabek
  • Komunitas atau klub memiliki mekanisme atau aturan tertulis yang ditandai dengan adanya AD/ART atau aturan lain yang sejenis
  • Memiliki struktur kepengurusan
  • Memiliki anggota minimal 25 orang
  • Mengisi form registrasi di www.sportku.com/safetyaward

Teks: Jayadi | Foto: IGHS