1
2845

CBR150R Lokal Lebih Baik Dari Versi CBU Thailand

GILAMOTOR.com – Meski dirakit di dalam negeri dengan kandungan lokal yang mencapai lebih dari 96 persen, tapi dalam tubuh All New CBR150R mengalir semangat MotoGP.

Kikuo Yamazaki, Large Project Leader Honda R&D Co.,Ltd Motorcycle Center Japan mengungkap alasan kenapa motor yang digarap di Indonesia ini kental dengan unsur balap.

“Generasi terbaru Honda CBR150R kami kembangkan dengan konsep motor RC213V di MotoGP untuk kepuasan konsumen,” buka Yamazaki yang datang langsung ke Indonesia untuk menjelaskan pengembangan konsep All New Honda CBR150R di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat (7/9).

Yamazaki mengungkapkan desain All New Honda CBR150R dibuat lebih aerodinamis Sehingga menghasilkan performa yang lebih baik. Salah satunya adalah revisi desain cover bodi samping dan cover bodi belakang juga tampil baru dengan desain yang lebih agresif dan sporty.

Pihak AHM mengaku konsep full fairing terbaru tersebut terinspirasi dari varian tertinggi motor sport besar Honda, Honda CBR1000RR. Selaint itu aplikasi dual keen eyes headlamp juga menjadi standar yang kini diusung All New Honda CBR150R dimana sebelumnya juga sudah teraplikasi pada All New Honda CBR250R dan juga CBR300R.

Nggak cuma mengejar tampilan ala balap, Yamazuki menjelaskan kalau performa All New Honda CBR150R juga lebih baik ketimbang versi CBU dari Thailand.

“Power dan akselerasi kami tingkatkan agar unsur racing lebih terasa. Salah satunya adalah alur knapot dan seting gear rasio yang lebih rendah 7 persen dari yang terdahulu,” tambah Yamazuki.

Dari data yang dilansir oleh AHM, All New CBR150R lebih responsif dalam menjangkau 0-200 meter dengan top speed 131 km/jam. Sementara CBR150R CBU Thailand hanya menjangkau kecepatan tertinggi 130 km/jam.

Hal tersebut didukung oleh performa mesin ber-DNA motor balap 4-stroke, 150cc, DOHC, 4-valve, 6-speed, berpendingin cairan (liquid-cooled). All New Honda CBR150R tercatat memiliki performa tinggi hingga mencapai tenaga 12,6 kW/10.500 rpm dan torsi 13,0Nm/7.500 rpm.

Yamazuki melanjutkan kalau All New Honda CBR150R memiliki handling yg juga lebih baik. “Rangka teralis membuat motor lebih lincah dan mampu mengurangi getaran mesin. Disesuaikan dengan suspensi belakang model pro-link yang dapat menyesuaikan dengan berbagai kondisi jalan,” paparnya.

All New Honda CBR150R hadir dalam beberapa pilihan warna yaitu three colors, champion red dan speedy black yang dijual Rp 28,5 juta (OTR Jakarta dan Tangerang) serta edisi balap tim Repsol Honda yang dihargai Rp 29,1 juta.

Teks: Ary | Foto: Ary

1 COMMENT