11
3287

TVS Apache RTR 180 Xventure, Nyaman Melibas Trek Rusak

GILAMOTOR.com – Jum’at hingga Minggu (12-14/9) kemarin, Gilamotor.com dapat kesempatan jajal TVS Apache RTR 180 XVenture. Motor 180cc ini diajak touring RelaxVenture ke pantai Ciantir, Sawarna.

Sebelum mengulas lebih jauh apa yang ditawarkan motor sport asal India ini, yuk kita bahas satu persatu.

Test Ride TVS Apache RTR 180 XVenture 5
Photo : @gajahpesing

DESAIN

Desain Apache RTR 180 Xventure punya aura racing sporty. Hal ini terlihat dari stang jepit remdah dan footstep yang lebih kebelakang seperti pada motor-motor sport kebanyakan. Panel speedometer terlihat sporty dan mewah dengan beberapa aksen karbon yang menguatkan aura racing pada beberapa bagian body.

Pengaplikasian LED pada headlamp membuat kesan garang dan cukup membantu keamanan ketika berkendara siang sebagai karena difungsikan sebagai DRL.

RelaxVenture 6
Photo: Gojay

ERGONOMI

Saat membayangkan kata Xventure yang disisipkan TVS pada Apache, langsung terbayang motor touring dengan stang tinggi yang sesuai dengan keperluan perjalanan jauh. Tapi bayangan itu buyar ketika melihat TVS Apache RTR 180 berwarna Volcano Red menggunakan stang jepit yang lebih berkesan sporty. Anganpun melayang dan membayangkan bagaimana lelahnya perjalanan RelaxVenture nanti.

Apalagi jalur yang akan dilalui menuju Sawarna adalah lewat Cikidang yang punya kontur jalan sangat beragam. Jalur itu banyak menyuguhkan tanjakan dan turunan terjal dan malah di sebagian jalan dari Cisolok kondisinya rusak.

Namun ketika mengendarainya, ketakutan itu nggak terbukti. Tubuh tetap nyaman dan tidak ada lelah berlebih. Stang ini cukup bersahabat untuk rider dengan postur setinggi 170cm.

Selain nyaman bagi pengendara, joknya pun nyaman untuk penumpang balakang. “Joknya empuk dan nyaman untuk penumpang belakang. Bokong dan pinggang nggak cepet pegel apa lagi sampe kepanasan,” ucap Amal Rasyid, Gilmoter Bogor yang jadi boncenger.

Masalah kecil hanya datang dari getaran yang terasa di stang saat motor digeber pada kecepatan sedang.

Test Ride TVS Apache RTR 180 XVenture 2
Photo: Gojay

SUSPENSI

Suspensi motor sport asal India ini cukup lembut. Tapi di kondisi jalan tertentu bisa dibilang terlalu terlalu lembut. Lebih cocok untuk offroad seperti track Cikidang hingga Sawarna. Saat melibas trek penuh lubang, suspensinya mampu meredam guncangan berlebih sehingga pengendara dan penumpang tetap merasa nyaman.

Test Ride TVS Apache RTR 180 XVenture 6
Photo: @gajahpesing

HANDLING

Bicara soal handling, motor ini cukup gesit untuk bermanuver. Tikungan panjang mudah ditaklukkan. Selap-selip di kemacetan pun tanpa kendala. Trek Cikidang yang penuh tikungan tajam pun mudah ditaklukan.

Test Ride TVS Apache RTR 180 XVenture 1
Photo: Gojay

PERFORMA

Dengan mesin 177,4 cc SOHC, 4 tak, TVS Apache RTR 180 Xventure diklaim punya tenaga 17,03 hp di 8500 rpm dan torsi 15,5 Nm di 6500 rpm.

Berkendara di jalur perkotaan, tenaga dan torsinya sangat terasa. Puntir slongsong gas, tenaga langsung tersalur ke roda. Bicara masalah top speed, angka 130 kpj tentu akan  mudah di dapat. Diajak melibas tanjakan pun mudah dilakukan, torsi akan tesara yahud saat mesin berada di 5000 rpm. Ini salah satu kekuatan mesin overbore dengan diameter piston 62,5 X 57,8 mm.

Tak puas dengan menggeber sendiri di jalur Cikidang, Gilamotor pun menyiksa Apache RTR 180 Xventure dengan mambawa penumpang berpostur tinggi besar. Jika ditotal dengan barang bawaan, berat beban yang dipikul Apache RTR180 mencapai 160 kg. Ternyata mesin RTR 180 tak mudah menyerah. Motor tetap mudah diajak melibas jalur terjal dan rusak.

Teks: Yudi | Foto: @gajahpesing, Gojay

11 COMMENTS

  1. May I recently say what comfort to get someone that genuinely appreciates what there’re discussing on the internet. You undoubtedly realize how to bring a challenge to lighting and make it important. Extra people should go here out and understand this side of the story. I has been surprised that you will be not more popular given which you surely have the gift.

  2. Accounts sports by brooks analyzer jesse Madden considered that sunday that’s the put out second half’s hold company achieved Summerall the vocal through the category. Madden, Every spicey national football league educate, Had become enjoyed past a few given that hurricane, as well as Summerall’s cool. The two teamed to make 22 times covering up mmorpgs cbs television studios that higher in short sibel..

  3. FREEBET dan FREECHIP, BONUS DAN CASHBACK
    Ubah Keberuntungan Kamu Menjadi Pundi Pundi Uang Yuk chat aku di
    BBM: D*8*9*C*C*5*1*5 Line: B*o*l*a*v*a*d*a* FB: B*o*l*a*v*a*d*a*