0
1795

Yamaha Vixion dan Mio Raih IBBA

GILAMOTOR.com – Yamaha Mio dan Vixion kembali meraih Indonesia Best Brand Award [IBBA] 2014 dari majalan Swa dan lembaga riset Mars.

Sejauh ini, Mio sudah mengantongi penghargaan sebanyak 7 kali sehingga masuk dalam Platinum Brands Club. Sementara Vixion mendapatkan penghargaan 3 kali berturut-turut sehingga masuk dalam Golden Brands Club.

“Kami sangat mengapresiasi pencapaian ini untuk Mio dan Vixion di Indonesia Best Brand Award (IBBA). Award ini adalah bagian dari pengakuan akan kualitas Mio dan Vixion. Dua motor populer dan kesayangan masyarakat Indonesia itu layak mendapatkannya mengingat reputasinya yang positif selama ini,” ujar Mohammad Masykur, Asisten GM Marketing Yamaha Indonesia.

Pada awalnya, Mio hadir khusus untuk pengendara wanita. Para wanita yang pada awalnya tidak bisa naik sepeda motor, sangat merasakan manfaat kehadiran Mio untuk aktivitasnya sehari-hari. Mulai tahun 2014  Yamaha memperkenalkan Mio sebagai kendaraan yang “Mau Irit Oke”.

Penilaian dilakukan melalui survey yang dilakukan pada Maret – Mei 2014 di 7 kota besar yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar dan Banjarmasin. Responden survei ini terdiri dari 2.622 responden personel dan 2.619 responden rumah tangga. Metodologi survei menggunakan riset kuantitatif yaitu wawancara tatap muka dari rumah ke rumah lewat pemilihan responden berdasarkan multistage random sampling. Kategori produk yang disurvei ada 141 yang melibatkan 12 industri.

Indeks IBBA digunakan 6 variabel penilaian yaitu Brand Awareness (popularitas merek), Ad Awareness (popularitas iklan), Brand Value ( tingkat kualita merek), Satisfaction & Loyalty Index (tingkat kepuasan & loyalitas pelanggan), Market Share (pangsa pasar) dan Gain Index (potensi pertumbuhan merek di masa mendatang).