Photo : Motogp
0
1310

Rider MotoGP Berjatuhan, Masalah Ban Lagi?

GILAMOTOR.com – Seperti kita tahu, pihak Bridgestone mengklaim sudah memasok ban khusus untuk laga MotoGP Phillip Island, Australia nanti. Sayang, performa ban depan baru asimetris dan juga ban belakang hasil pengembangan di Phillip Island tampaknya tidak dirasakan oleh para rider.

Di sesi latihan hari pertama yang dibuka hari ini (17/10), banyak rider yang berjatuhan. Andrea Iannone, Andrea Dovizioso, Hiroshi Aoyama, Pol Espargaro hingga Jorge Lorenzo pun terpaksa keluar dari lintasan dengan cara yang terbilang mirip, yaitu kehilangan grip ban depan.

Isu kualitas ban kembali naik ke permukaan setelah para rider usai menjalani FP1 dan FP2. Hal tersebut bahkan mendapatkan komentar dari Lorenzo. “Ini adalah insiden keduaku dimusim ini. Aku pikir ini karena ban asimetris yang terlalu keras untuk suhu lintasan yang panas,” kata Lorenzo.

Di FP2 tadi, Lorenzo terjatuh akibat kehilangan grip ban depan motornya. Lorenzo mengakui dirinya mudah kehilangan keseimbangan saat memasuki tikungan. Begitu juga dengan performa ban belakang. “kenyataannya, grip ban belakang juga kurang. Aku sedikit lambat dan sepertinya itu karena ban belakang,” kata Lorenzo.

Meski begitu, Rider tim Yamaha ini berhasil mencatatkan dirinya sebagai yang rider tercepat di FP2 dengan torehan 1 menit 29,602 detik. “Aku berharap besok bisa mencatat waktu terbaik,” ujar Lorenzo.

Marc Marquez pun mengakui hal tersebut. Menurutnya, masalah terbesar terletak pada grip ban belakang. Namun, pernyataan Marquez soal ban depan asimetris justru sebaliknya. “Kami mencoba ban asimetris dan sepertinya bekerja baik karena disisi kanan ban kompon sangat lembut dan di kami mendapatkan feeling yang baik di titik pengereman,” kata Marquez.

Marquez menjelaskan kalau setingan motor adalah salah satu kunci utamanya. “Kami menyesuaikan setingan motor yang sebelumnya menggunakan ban normal dengan ubahan ban baru Bridgestone khusus di balap ini. Mereka ingin ban yang lebih aman dan itu sangat sulit, terutama saat menikung ke kiri,” tambah pemegang juara dunia MotoGP 2014 itu.

Di MotoGP Phillip Island kali ini, seluruh tim pabrikan mendapatkan paketan ban extra soft (32) dan ban asimetris (35) yang dinilai Marquez sangat bagus. Semoga nggak akan ada lagi pemangkasan jumlah lap seperti balapan tahun lalu.