Photo : Honda
0
1267

AHM Berikan Beasiswa Kepada 92 Siswa Berprestasi di Sekolah Satu Hati

GILAMOTOR.com – PT Astra Honda Motor (AHM) menyasar pendidikan sebagai kegiatan CSR. Salah satu bentuk dukungannya terhadap pendidikan anak bangsa adalah mengapresiasi siswa-siswi berprestasi.

AHM memberikan beasiswa kepada pelajar berprestasi di sekolah yang menjalankan program ‘Sekolah Satu Hati’ yang tergabung di Yayasan Astra Honda Motor (YAHM).

Pihak AHM bersama pengurus yayasan pun akhirnya memilih 92 siswa dari 11 sekolah binaan AHM sebagai penerima beasiswa. Sementara penyerahannya dilangsungkan di markas besar PT AHM di Sunter 1, Jakarta, Senin (24/11).

Setiap siswa menerima beasiswa pendidikan dengan nilai yang disesuaikan dengan jenjang pendidikannya. Untuk tingkat SMP, YAHM memberikan beasiswa sebesar Rp800.000, sedangkan untuk tingkat SMA/SMK sebesar Rp1 juta untuk 1 tahun ajaran.

Beasiswa ini dapat diperpanjang pada tahun berikutnya sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh YAHM, antara lain memiliki prestasi akademik dan non akademik, serta aktif berorganisasi di lingkungan sekolah.

Pengurus YAHM Rita Prajitno mengatakan kategori pemberian beasiswa tahun ini selain diberikan kepada siswa berprestasi juga disyaratkan harus aktif dalam program Sekolah Satu Hati baik dalam program Adiwiyata atau pun dalam pelestarian budaya angklung, yang telah dicanangkan oleh AHM pada hari Pendidikan Nasional tahun ini.

“Kami berharap pemberian beasiswa ini dapat memacu anak didik di Sekolah Satu Hati untuk meningkatkan prestasinya dan aktif dalam kegiatan sosial di sekolah,” kata Rita.

Ahmad Muhibbuddin, Deputy Head of Corporate Communication menjelaskan program Sekolah Satu Hati menjadi salah satu landasan perusahaan berkontribusi dalam memajukan kecerdasan bangsa guna menyongsong era pasar bebas nanti.

AHM mengembangkan program ini untuk mendukung kemajuan generasi muda di bidang pendidikan pada sekolah tingkat SD, SMP, SMA. Sekolah Satu Hati dikembangkan melalui tiga pilar utama, yaitu sosial, lingkungan, dan budaya. Program ini diharapkan dapat mendorong terwujudnya sekolah dan siswa yang berwawasan lingkungan, berkomitmen terhadap pelestarian seni budaya dan berkontribusi dalam proses perubahan sosial.

“Kami optimis generasi muda Indonesia akan memiliki daya saing tinggi di kancah persaingan kompetensi dengan generasi muda negara-negara Asean. Kami berharap Sekolah Satu Hati yang kami rancang dapat menemani dan mengantarkan mereka menjadi pemimpin bangsa yang cerdas dan berkualitas suatu saat nanti,” Jelas Muhib.

Program Sekolah Satu Hati mulai diimplementasikan AHM di 15 sekolah setingkat SD, SMP, dan SMA di wilayah Jakarta Utara (SDN Sunter Agung 13, SMP Hang Tuah 1, SMP Hang Tuah 3, SMP Giki 2, SMAN 18, SMAN 40, SMAN 72, SMAN 75, SMAN 80, SMAN 110, SMA Giki 2, dan SMK Kencana ), kota Bekasi (SMK Mitra Industri Cikarang), kabupaten Kuatan Singingi, Riau (SMP 4 Singingi), dan kabupaten Bengkalis, Riau (SMP 4 Mandau).