Photo: Gilamotor.com/Ary
0
1703

Kru Tertabrak, Kualifikasi Final Yamaha Cup Race 2014 Dihentikan

GILAMOTOR.com – Insiden fatal terjadi saat sesi kualifikasi final Yamaha Cup Race (YCR) 2014 berlangsung di Sirkuit Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta (8/11).

Penyelenggara balap pun terpaksa menghentikan ajang penentuan starting grid untuk balapan besok.

Cuaca yang tak bersahabat sebenarnya sudah menjadi salah satu handy cap bagi para pebalap. Akan tetapi, jadwal kualifikasi harus tetap dijalani walau kondisi trek basah karena hujan. Kondisi ini jugalah yang menyebabkan beberapa pebalap tidak mampu mendapatkan pengereman sempurna dan bahkan terjatuh.

Puncaknya terjadi ketika seluruh pebalap di kelas YCR 2 (Kelas Bebek Tune up 110cc Sedded) memacu kuda besi andalannya. Setelah 10 menit berjalan, tiba-tiba saja marshal mengibarkan mengibarkan bendera merah yang membuat para rider harus masuk pit.

Sebuah insiden yang melibatkan seorang pebalap bernama Sulung Giwa ternyata berbuntut panjang. Seorang crew tim Putra Anugerah NHK KYB SSS Excel yang berinisiatif menolongnya malah jadi korban.

“Info yang saya terima, Sulung jatuh di R8, kemudian crew-nya masuk untuk membantu. Tapi, nggak liat ada rider lain. Dan menurut saksi, dia juga melompati pagar pembatas,” ujar Supriyanto, Manager Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dari pinggir lintasan Maguwoharjo.

Padahal Supriyanto sudah menjelaskan peraturan ke masing-masing tim untuk mematuhi peraturan. Salah satunya adalah tidak boleh ada siapa pun termasuk pihak tim masuk ke trek. “Kita sudah briefing kepada tim-tim soal itu (peraturan),” sahutnya.

Terkait keamanan trek dan lay out. Pihak Yamaha Indonesia selaku penyelenggara juga mengaku sudah menerapkannya.

“Kita sudah inspeksi berkali-kali dan sudah cukup aman. Ini adalah pelajaran. Kita akan perkuat lagi keselamatan dan kemanan di titik-titik krusial serta menambah marshal dan tim medis,” papar Supriyanto.

Alhasil, kualifikasi YCR 2 pun dihentikan. Itu juga berdampak dengan kelas-kelas lainnya yang ditunda pelaksanaannya esok hari. Sementara hari ini hanya ada dua kelas (YCR 1 dan YCR 4) saja.

Boy Arbi Feby, Handy Tuahatu dan JR Deden yang andil di Super pole YCR 1 akan start dari grid terdepan. Sementara Tommy Richard Orlando, Ega Fajar dan Syamsul Arifin menjadi pebalap yang akan start terdepan di kelas YCR4.