Photo : Gilamotor.com/Gojay
0
1218

Lebarkan Sayap, AHM Tambah Implementasi KTSM Honda di Bali

GILAMOTOR.com – Upaya PT Astra Honda Motor (AHM) menyiapkan pelajar yang berdaya saing di industri otomotif berlanjut. Pemegang merek Honda di Indonesia ini kembali menambah program Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Honda di sekolah kejuruan.

Kali ini, AHM yang bekerjasama dengan main dealernya di wilayah Bali, Astra Honda Denpasar meresmikan laboratorium otomotif SMKN 1 Manggis Karangasem, Bali sebagai sarana praktik implementasi KTSM Honda. SMKN 1 Manngis Karangasem menjadi sekolah kedua setelah SMK PGRI 2 Badung.

Untuk memaksimalkan implementasi KTSM Honda, AHM menentukan standar khusus bagi laboratorium tempat praktik siswa SMK KTSM Honda. AHM juga memberikan donasi unit sepeda motor dan peralatan khusus untuk mendukung siswa mempraktekkan ilmu dan pengetahuan yang diperolehnya di dalam kelas terkait sepeda motor dan teknologi terkini Honda.

Untuk menjamin kualitas lulusan SMK KTSM Honda, secara periodik AHM menggelar pelatihan khusus kepada para guru SMK KTSM Honda dengan memberikan materi dan pengetahuan yang disesuaikan dengan perkembangan teknologi terkini yang ada di sepeda motor Honda.

Bersama jaringan main dealer, AHM juga secara secara rutin mengadakan kontes teknik antar siswa SMK untuk menguji keterampilan mereka. Dengan upaya ini diharapkan setiap SMK KTSM Honda dapat melahirkan mekanik-mekanik muda yang berkualitas dan memiliki daya saing yang tinggi untuk memasuki dunia kerja.

Selain sarana pendukung, perusahaan telah menyusun silabus khusus terkait keterampilan teknik sepeda motor bagi siswa SMK.  Silabus KTSM Honda ini dikembangkan dengan memadukan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SK-KD) yang dikeluarkan Dinas Pendidikan dengan materi pelatihan teknik Honda yang juga menjadi materi pelatihan dan uji kompetensi mekanik di bengkel Astra Honda Authorized Service Station (AHASS).

Ahmad Muhibbuddin, Deputi Head of Corporate Communication PT AHM mengatakan KTSM Honda adalah salah satu program tanggung jawab sosial Honda di bidang pendidikan.

“Tahun depan kami harapkan jumlah SMK KTSM Honda ini bisa menjadi 500 SMK.  Dan, kami nanti tidak hanya fokus pada kuantitas tapi juga akan meningkatkan kualitas implementasi KTSM Honda dengan mengoptimalkan pelatihan teknik guru dan siswa dan meningkatkan status SMK KTSM Honda yang ada menjadi SMK Tempat Uji Kompetensi keterampilan teknik sepeda motor,” ujarnya setelah penandatangan MoU di Karangasem, Bali (28/11).

Selain peluang bekerja di jaringan bengkel resmi Honda atau AHASS, alumni SMK KTSM Honda juga berpeluang untuk bekerja di pabrik AHM. Bahkan, jika memiliki tekad dan keterampilan yang memadai, alumni SMK KTSM ini dapat mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya untuk berwirausaha dengan membuka bengkel khusus yang akan dibina langsung oleh jaringan AHASS di hampir seluruh penjuru Tanah Air.

Implementasi program KTSM Honda ini telah memasuki tahun kelima dan sudah tersebar luas dari Aceh sampai Papua dengan jumlah hampir 300 SMK. AHM berkomitmen terus menggulirkan program ini sebagai upaya nyata perusahaan dalam berkontribusi meningkatkan kualitas pendidikan generasi muda Indonesia.