Photo : Yamaha
0
1278

Pebalap Nasional Bakal Bersaing di Partai Puncak Yamaha Cup Race 2014

GILAMOTOR.com – Seluruh pebalap unggulan Tanah Air, khususnya yang berlaga di Yamaha Cup Race (YCR) dipastikan terlibat persaingan sengit. Di partai puncak akhir pekan ini, 96 pebalap yang lolos dari 8 seri YCR dan Motoprix bakal adu skill untuk jadi yang terbaik.

Gelaran final YCR 2014 yang akan dilangsungkan di Sirkuit Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta (8-9 November 2014) akan melibatkan peraih poin pertama dan kedua dari 8 seri YCR yaitu Purwokerto, Kediri, Bogor (Sentul), Medan, Padang, Bangka, night race Makassar dan Palu.

Finalis YCR ditambah juga dari rider dengan poin terbaik pertama dan kedua kelas MP1 sampai MP4 di Motoprix Region 3 (Bali, NTT, NTB) dan Region 4 (Kalimantan).

Mereka akan bertarung di trek Maguwoharjo dengan panjang lintasan 975 meter. Di laga akhir ini akan ada enam kelas (YCR 1-YCR 6) dengan masing-masing peserta 24 starter.

Buat pebalap yang nggak lolos, penyelenggara juga membuka kesempatan untuk tampil di laga final. Akan tetapi, mereka diwajibkan mengikuti kualifikasi untuk kemudian menjalani babak Superpole bersama rider yang sudah lolos ke final berdasarkan poin di seri YCR.

Peserta kualifikasi adalah pebalap yang pernah berkompetisi di YCR musim 2014. Ada juga 2 kelas lainnya yaitu YCR 7 (Mio GT Standar Tune Up Racing School) dan YCR 8 eksebisi (Jupiter Z1 Tune Up 130 cc Open). Di YCR 8 ini terbuka bagi all rider dan menggunakan motor rider sendiri.

Menurut pihak Yamaha gelaran YCR merupakan salah satu misi pembibitan pebalap Indonesia untuk bisa tampil ke ajang yang lebih bergengsi.

”YCR telah menjadi tolok ukur keberhasilan ajang pembibitan dan pembinaan rider yang teredukasi profesional. Dari YCR, lahir pembalap-pembalap muda berbakat dan mereka yang akhirnya jadi juara nasional bahkan di tingkat Asia seperti tahun ini rider Yamaha jadi juara dan runner up Suzuka 4 Hours di Jepang. Kami pun mendidik mereka tidak hanya berhasil juara di sirkuit tapi juga memahami management rider dan tim yang profesional seperti di level dunia,” ujar Supriyanto, Manager Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Gimana keseruannya? Tunggu saja liputan Gilamotor.com besok ya bro and sis!