0
1609

Touring FORWOT : Kampanye Safety Riding Melalui Tulisan, Foto dan Sikap

GILAMOTOR.com – Media masa jadi salah satu medium penting untuk berkampanye keselamatan berkendara. Melalui media, pesan keselamatan yang ingin disampaikan bisa diterima banyak kalangan.

Sebagai pekerja profesional di bidang media masa, para awak media yang tergabung dalam Forum Wartawan Otomotif Indonesia [FORWOT] merasa perlu ambil bagian dalam aksi mengampanyekan berkendara aman dan selamat, baik melalui karya tulis, foto dan sikap.

Kampanye itu pun dilakukan bersamaan dengan touring tahunan FORWOT pada 22-23 November kemarin. “Touring merupakan kegiatan rutin FORWOT yang diselenggarakan 1 atau 2 kali dalam setahun. Kali ini menjadi touring ke-12 dan dalam rangka merumuskan program kerja 2015,” kata Zenuar Yoga Istanto, ketua panitia touring.

Kampanye berkendara aman dan selemat dilakukan dengan membagikan ratusan jaket kepada Korps Kepolisian Lalu Lintas Polri di Jakarta Selatan dan kepada komunitas motor serta masyarakat di sekitar Bogor.

“Tujuan dari pembagian jaket-jaket ini agar para pengendara sepedamotor merasa nyaman sehingga mereka bisa fokus ke jalan raya, dengan begitu kami berharap angka kecelakaan dapat dikurangi. Jaket sendiri merupakan salah satu safety gear yang melindungi tubuh pemakainya dari lontaran kerikil, terpaan cuaca, dan cedera serius ketika mengalami kecelakaan,” ungkap Indra Prabowo, Ketua Umum FORWOT.

Selain membagikan jaket, kampanye berkendara aman dan selamat juga dilakukan melalui sikap berkendara sepanjang touring berlangsung. FORWOT berusaha menjadi pelopor keselamatan berkendara. Pasalnya, sikap berkendara aman dan selamat serta saling menghormati pengguna jalan lain kini seperti barang langka. Setiap individu nyaris seperti tak peduli dengan lingkungan sekitar.

Melalui sikap berkendara aman dan selamat serta menghargai pengguna jalan lain, FORWOT ingin memberikan contoh positif agar budaya berkendara aman dan selamat serta saling menghormati sesama pengguna jalan semakin dilestarikan dan dilakukan semua kalangan.

Mengampanyekan keselamatan jalan raya memang telah menjadi komitmen FORWOT sejak lama. Berbagai kegiatan sudah digelar yang erat kaitannya dengan kampanye keselamatan jalan raya. Tujuannya tentu untuk semakin menekan angka kecelakaan dan korban di jalan raya.

Bersamaan dengan kegiatan touring XII FORWOT tersebut para wartawan berkesempatan mengendarai beberapa model sepedamotor baru dari Cleveland, Honda CBR150R, Vespa 946 Bellissima dan Suzuki Address dari Jakarta hingga Cisarua Bogor.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung upaya kami untuk terus aktif menyuarakan pentingnya keselamatan berkendara,” tutup Indra Prabowo.

Touring FORWOT XII didukung oleh PT Astra Honda Motor, PT Wahana Makmur Sejahtera, PT Suzuki Indomobil Sales, Adira Insurance, PT Javas CycleWerks Indonesia (Cleveland Indonesia), PT Toyota-Astra Motor, dan Tuner Indonesia.