Photo : Suzuki
0
1237

Wah, Suzuki Bakal Gelar Balapan Satria FU150 Se-Asia

GILAMOTOR.com – Suzuki akan menggelar ajang balap bernama Suzuki Asian Challange. Kompetisi yang masuk dalam rangkaian Asia Road Racing Championship (ARRC) ini bakal memberlakukan one make race (OMR) Suzuki Satria FU150.

Keputusan itu diumumkan bertepatan dengan seri ARRC di Chang International Circuit, Thailand, akhir pekan kemarin (9/11). Nantinya, para pebalap Asia akan beradu kecepatan menggunakan motor sport ‘ayam jago’ underbone bermesin 150cc.

Mr. Motoo Murakami, Managing Director 2W PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan, balap Suzuki Asian Challenge akan menjadi dasar dari program balap terstruktur yang pada akhirnya akan menjadi akses bagi Suzuki untuk menemukan pembalap terbaik dari wilayah Asia.

“Kembalinya Suzuki ke balap MotoGP 2015 telah diketahui oleh para fans dan publik. Kolaborasi dengan ARRC ini adalah bukti kepedulian Kami untuk melatih lebih banyak talenta pembalap dari Asia yang mungkin akan menjadi pembalap Suzuki di MotoGP pada waktu yang akan datang,” tambah Murakami san.

Sementara itu, pengelolaan program balap tersebut dipercayakan kepada Yukio Kagayama. Dia telah memiliki segudang pengalaman di MotoGP, World Superbike, World Endurance dan Japanese Championship baik sebagai pembalap maupun team manager/owner.

Pembibitan pebalap dari Suzuki Asia Challange juga akan berlanjut ke tahap yang lebih tinggi. Jawara kompetisi ini berkesempatan merasakan balap motor dengan kapasitas mesin yang lebih besar.

Kagayama akan memimpin tim balap di kelas Supersport 600cc. Tim Suzuki Kagayama inilah yang memegang peranan penting dalam mengembangkan talenta jawara Suzuki Asian Championship.

“Jawara tidak tercipta dalam satu malam. Ada perjalanan jangka panjang bagi para pebalap muda sebelum akhirnya mereka siap untuk ikut serta dalam balap kelas dunia. Tidak ada jalan pintas menuju kesuksesan, dan para pebalap yang terlatih dari Suzuki Asian Challenge harus mencapai hasil terbaik bahkan lebih kompetitif dari balap di kelas yang lebih tinggi,” papar kagayama.

Untuk itu, Kagayama pun tampak bersemangat karena bisa menjadi bagian dari program Suzuki ini. “Sangat menarik menjadi bagian dari perjalanan mereka menuju ajang balap dunia,” tutup Kagayama.