Photo : Pata Honda
0
1367

European Junior Cup 2015 Buka Kelas Khusus Wanita

GILAMOTOR.com – Ada yang baru di kejuaraan balap motor European Junior Cup (EJC) 2015. Musim depan, ajang yang menjadi feeder bagi bibit pebalap World Superbike Championship (WSBK) ini akan menggelar kelas khusus wanita.

Yup, kelas khusus wanita yang nantinya akan berjuluk Women’s European Cup ini akan dipertandingkan sebagai kelas tambahan di delapan event WSBK di tanah Eropa. Sementara, pemenang di kelas ini berhak dijuluki FIM Europe Women’s European Cup Champion.

Pembukaan kelas ini bukan sekedar cari sensasi. Sebelumnya, EJC 2014 juga sudah diikuti oleh dua pembalap reguler wanita, Carmen Geissler asal Swiss dan Clarissa Miebach dari Jerman. Bahkan, satu pebalap wanita asal Selandia Baru, Scout Fletcher sempat turun sebagai wildcard di sirkuit Magny-Cours, Perancis.

“Kami senang dapat mengumumkan kejuaraan baru ini. Sejak tahun lalu, balapan ini sudah cukup menyedot perhatian pebalap wanita,” ungkap Gerry Bryce, Series Director Pata European Junior Cup.

Sebagai catatan, regulasi batas usia khusus wanita sedikit berbeda dari kelas lelaki. Pebalap wanita maksimal adalah 23 tahun. Sedangkan pria hanya sampai 21 tahun.

Selain itu, tunggangan yang dipakai pun berubah. Dari Honda CBR500R musim lalu menjadi CBR650F di musim depan. Biaya balapnya mencapai 22.950 Euro atau setara Rp 350 jutaan tiap serinya. Termasuk ongkos motor, ban, bensin, oli dan kampas rem. Serta pelatihan teknik dan skill. Lalu kapan Kartini muda Indonesia bisa ikut balapan internasional ya?