Photo : Gilamotor.com/Ary
0
1472

Garansi Mesin Bisa Terus Berjalan, Asalkan?

GILAMOTOR.com – Nggak sedikit konsumen yang mengeluhkan perihal garansi sepeda motor yang hangus. Tapi, apakah para pemilik kendaraan benar-benar sudah memperhatikan peraturan yang ditetapkan oleh pabrikan?

Mesin jadi sektor utama yang biasanya dilabeli garansi. Namun, ada ketentuan yang juga harus ditaati oleh pemiliknya. Salah satu contohnya adalah jaminan garansi mesin 5 tahun untuk sepeda motor Yamaha.

“Garansi di mesin DiASil khususnya di blok silinder dan forged piston akan berjalan 5 tahun,” kata Ibrohim, Service Advisor CBU Model DDS Jakarta.

Tapi, garansi itu tetap berjalan dengan ‘catatan’ bro en sis. “Penggunanya tetap melakukan service sesuai buku panduan service dan tetap menggunakan oli Yamalube,” jelasnya.

Lalu gimana pihak dealer tahu konsumen tidak mengganti pelumas bawaan pabrikan? “Kalau hanya di bengkel resmi saja pasti cukup sulit mendeteksi oli apa yang digunakan. Tapi, kita bisa membawanya di laboratorium di Yamaha Pusat. Nantinya bisa ketahuan kandungan dari sample oli yang dibawa,” papar Ibrohim.

Kesimpulannya cukup jelas ya bro en sis. Kalau mau garansi mesin tetap berjalan, ya dipatuhi regulasi yang ditentukan.