Photo : Gilamotor.com
0
942

Intip Kota dengan Lalu Lintas Teraman di Indonesia, Ini Daftarnya

GILAMOTOR.com – Meski angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia terbilang mengkhawatirkan, namun nyatanya masih banyak kota yang peduli akan keselamatan berkendara. Berikut kota-kota di Indonesia yang terbilang aman versi Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2014.

Untuk kategori kota metropolitan (berpenduduk di atas satu juta), ditempati oleh Kota Tangerang (Banten), Kabupaten Sleman (Jawa Tengah) dan Kota Bekasi (Jawa Barat).

Terpilihnya Tangerang mengantongi tiga aspek yaitu safer user, safer road dan safer vehicle. Sedangkan Kabupaten Sleman untuk kategori safer management dan Kota Bekasi untuk kategori post-crash response.

Lalu, untuk kategori Kota Besar (penduduk antara 500.001-1.000.000) disabet oleh Balikpapan (Kalimantan Timur). Kota ini menyabet seluruh kategori, mulai dari safer user hingga post-crash response.

Sedangkan untuk kategori Kota Sedang (penduduk kurang dari 500.000) mencakup, Probolinggo (Jawa Timur) dan Yogyakarta (DI Yogyakarta). Probolinggo menyabet tiga kategori yakni safer management, safer road dan safer vehicle. Sementara Yogyakarta mengantongi kategori safer user dan post-crash response.

Kriteria penilaian kota-kota tersebut dilihat dari lima aspek keselamatan jalan yang ditetapkan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan sudah diadopsi oleh banyak negara.

Diantaranya Manajemen Keselamatan Jalan (Safer Management), Jalan yang Berkeselamatan (Safer Road), Kendaraan yang Berkeselamatan (Safer Vehicle). Serta Perilaku Pengguna Jalan yang Berkeselamatan (Safer User) dan Penanganan Pra dan Pasca Kecelakaan (Post-Crash Response).

Sebagai catatan, IRSA digagas sejak tahun 2013. Dalam penganugerahaan IRSA 2014 didukung oleh berbagai pihak seperti Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Kementerian Perhubungan, Korlantas Polri, Kementerian Pekerjaan Umum dan Kementerian Kesehatan.