Photo : Forwot
3
1387

Kado Hari Ibu, Forwot Bekali Perempuan dengan Pengetahuan Safety Riding

GILAMOTOR.com – Tingginya angka kecelakaan yang melibatkan pengendara sepeda motor kembali menggugah Forum Wartawan Otomotif (FORWOT) untuk terus menggalakan gerakan keselamatan berkendara. Sebagai kado perayaan Hari Ibu, FORWOT memfokuskan kegiatannya untuk membekali para perempuan dengan pengetahuan safety riding.

Data dari Kepolisian Negara Republik Indonesia, sepanjang tahun 2013 jumlah korban meninggal dunia mencapai 26.216 jiwa dengan kasus kecelakaan sebanyak 100.106 kejadian. Korban kecelakaan lalulintas ini didominasi para pengendara sepedamotor.

Bahkan, menurut World Health Organizatition (WHO) melalui data Global Status Report on Road Safety mengungkap jumlah korban tewas karena kecelakaan lalu lintas mencapai 120 jiwa per hari di Indonesia. Dengan begitu, ini menjadi kasus pembunuh ketiga setelah penyakit jantung koroner dan tuberkolosis (TBC).

Digelarnya kegiatan ini juga didasari oleh pertumbuhan jumlah sepeda motor yang kian menjamur. Untuk itu, penting rasanya Forwot mengajak para bikers untuk lebih displin dalam berkendara. Perwujudannya pun dituangkan melalui “Forwot Safety Riding for Ladies 2014” dan turut menggandeng Yamaha Indonesia sebagai pendukung utama.

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defense Driving Consulting (JDDC) mengatakan perempuan bisa jadi referensi yang baik. Dalam perhelatan yang berlangsung di lapangan parkir Pacuan Kuda Pulomas, Jakarta Timur, Sabtu (27/12), para kaum Hawa ini mendapatkan pengetahuan ‘What, How & Why’ dalam mengendarai sepeda motor sekaligus berinteraksi di jalan raya.

Forwot-Safety-Riding-for-Ladies-2
“Sehingga, kesempatan ini akan menjadi modal dalam memengaruhi anggota-anggota keluarga mereka ataupun masyarakat lain mengenai kedisiplinan dan keselamatan berkendara di jalan raya secara lebih efektif, sehinga bisa berperan besar sebagai Pelopor Keselamatan Berlalulintas,”kata Jusri di sela acara.

Pelatihan Safety Riding khusus wanita ini diikuti oleh 55 peserta dari komunitas atau klub serta jurnalis. Selama kegiatan, mereka mendapatkan pembekalan teori dan praktik langsung.
Materi yang disajikan meliputi dua sesi, Pertama sesi teori dengan pengetahuan umum mengapa kelompok wanita lebih mudah mengalami kecelakaan lalu lintas? Mengenai fakta dan kenapa kecelakaan terjadi di jalan raya? Peran wanita sebagai Pelopor Keselamatan Berlalulintas dan terakhir Pengetahuan umum sepedamotor saat sedang berjalan.

Sementara sesi praktik meliputi setting posture, pengereman, menikung dan berkelok di lingkungan terbatas, menanjak dan menururn, lintasan rusak, kontrol dan keseimbangan.

“Terima kasih juga kepada Forwot yang memberikan kesempatan kepada Yamaha untuk bergabung dalam acara ini. Kali ini kami menyediakan Yamaha New Mio M3 125 untuk digunakan para peserta. Skuter otomatik (Skutik) ini ringan, lincah, irit dan bertenaga yang dilengkapi dengan Eco Drive Indicator.” Tutur M. Masykur, Assistant of General Manager Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

“New Yamaha Mio M3 menggunakan mesin Yamaha generasi terbaru Blue Core yang lebih hemat 50%, bertenaga dan handal. Sementara Eco Drive Indicator memandu pengendara Yamaha New Mio M3 125 untuk berkendara dengan hemat dan aman. Aman karena dengan eco drive, pengendara akan berkendara dengan hati-hati, tidak ngebut dan mengontrol sepedamotor dengan baik. Hemat karena dengan eco drive performa sepedamotor bekerja dalam kondisi optimum yang memungkinkan lebih hemat bahan bakar sampai 60%. Selain itu usia komponen mesin akan lebih tahan lama, apalagi didukung dengan diasyl silinder dan forged piston dengan garansi 5 tahun,” ucap Masykur.

Menurut Ketua Panitia Vini Rizki Amelia, Penyelenggaraan ini berkaitan dengan peringatan hari Ibu dan kami ingin kembali memaksimalkan peran wanita sebagai Pelopor Keselamatan Berlalulintas. Harapannya, setelah mendapatkan pembekalan ini, mereka tidak saja lebih aware bagaimana berkendara yang baik tapi bisa menularkan pengetahuan ini ke keluarga mereka masing-masing.

Acara ini juga terselenggara berkat dukungan digelar berkat dukungan PT Gajah Tunggal (produsen ban Zeneos dan IRC), Asuransi Astra, FIFGROUP (Federal International Finance) serta Motoritz.

FORWOT Safety Riding kali ini merupakan penyelenggaraan ketiga kalinya sejak tahun 2012. Dua pelatihan sebelumnya diselenggarakan di Tangerang Selatan dan Bandung.

3 COMMENTS