Photo : Gilamotor.com
0
1928

Kenali Teknologi Eco Tyre, Tren Ban Motor Ramah Lingkungan

GILAMOTOR.com – Trend ramah lingkungan di dunia motor, tak lagi hanya berkutat di pengembangan mesin atau sumber penggerak. Lebih jauh, piranti pendukung seperti ban juga dikembangkan agar makin ramah lingkungan, alias eco tyre.

Terdengar familiar? Tentu, karena sebelumnya ban bertipe ramah lingkungan sudah jamak diusung merek-merek ban mobil. Seperti Bridgestone Ecopia, Goodyear Dura Save hingga GT Radial Champiro Eco. Dan di pabrikan motor, segmen ini akan disesaki oleh FDR dan diikuti IRC tak lama lagi.

Kunci dari ban ini ada pada daya gulir lebih besar dari kompon standar. Sehingga jika digelindingkan secara berbarengan, eco tyre berhenti di titik lebih jauh dari ban standar. Hasilnya ban ini mampu menambah efisiensi bahan bakar dan berdampak pada kenaikan tingkat ramah lingkungan.

Pada ban FDR, teknologi ini disebut Eco Smart Tire. “Aplikasi tersebut kami rasa sejalan dengan isu yang berkaitan dengan lingkungan hidup saat ini,” ujar Herry Junaidi, Direktur Marketing PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI), produsen ban FDR.

FDR sendiri sudah menyediakan varian dengan kembangan Facio yang tersedia untuk motor skuter. Ban ini ditawarkan di ukuran 80/90-14 dan 90/90-14 dengan harga Rp 195-235 ribu.

Sementara IRC saat ini masih mempersiapkan andalan mereka di segmen ini berjuluk Enviro akan dilaunching sekitar awal tahun ini. “Masih menghitung harga jualnya,” buka Arijanto Notorahardjo, General Manager Marketing PT Gajah Tunggal Tbk produsen ban IRC .

Nantinya ban ini akan mengusung ukuran standar motor underbone dan skuter, yakni 17 dan 14 inci.

“Kelebihan ban ini, selain telapak low rolling resistance yang membuat bahan bakar makin irit, juga aplikasi bahan non aromatic oil yang tidak menyebabkan bahaya kanker saat terlepas di udara,” pungkasnya.