Photo : Harley Davidson
0
1394

Kenapa Harga Street 500 Paling Terjangkau?

GILAMOTOR.com – Dengan harga jual Rp 219 juta (off the road), varian Harley Davidson Street 500 menjadi versi yang termurah. Tentu banyak faktor yang menjadikan motor besar entry level ini bersaing dengan merek-merek Jepang yang banyak menjual moge seharga Rp 200 jutaan. Kenapa?

Menurut pihak Mabua Harley Davidson (MHD), ada dua alasan utama yang membuat harga Street 500 terjangkau.

Yang pertama, Street 500 didatangkan utuh dari India, bukan dari Amerika. Sehingga harga jual standarnya pun lebih efisien. Karena, selain ongkos kerja di India yang lebih murah, biaya impornya juga bisa ditekan karena jarak pengapalannya yang lebih dekat.

“Walau diimpor langsung dari India, tapi standar kualitas HD tetaplah dari Amerika. Karena di India hanya merakit dan seluruh parts masih didatangkan dari Amerika,” jelas Denny Aryadi, GM Country Sales MHD.

Selanjutnya, untuk menekan harga jual, MHD hanya melepas Street 500, tanpa menyertakan versi Street 750. Sebab dengan kapasitas murni mesin Street 500 yang hanya 494cc, pajak PPnBm sebesar 125 persen tak berimbas pada motor tersebut.

“Regulasi penambahan pajak ini hanya ada pada motor bermesin 500cc ke atas. Sehingga, harga jual Street 750 menjadi jauh lebih mahal ketimbang Street 500,” tutupnya.