Photo: gilamotor.com/Ary
1
2111

Pabrik Baru AHM di Karawang Akan Penuhi Kuota Ekspor ke Asean

GILAMOTOR.com – Beroperasinya pabrik baru PT Astra Honda Motor (AHM) di Karawang, Jawa Barat ini mengukuhkan nama Honda Indonesia sebagai produsen sepeda motor terbesar di dunia.

Pabrik baru AHM yang berdiri di atas lahan 84 hektare ini memiliki kapasitas produksi sebanyak 1,1 juta unit setiap tahunnya. Selain memenuhi kebutuhan pasar domestik, jumlah tersebut juga akan berbagi dengan kuota ekspor yang dijalankan tahun depan.

“Untuk tahap awal, kami akan mengekspor Honda BeAT eSP dan Honda BeAT POP eSP ke Filipina,” kata Toshiyuki Inuma, President Director AHM di Pabrik Honda Karawang, Jawa Barat (11/12).

Lebih lanjut Inuma mengatakan jumlah yang akan diekspor adalah 200 ribu unit. Saat ini, pabrik yang juga diresmikan oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla ini akan memproduksi generasi terbaru Honda BeAT berteknologi Enhanced Smart Power (eSP).

Pabrik keempat milik Honda ini menyerap 3.500 tenaga kerja baru dengan dukungan 230 operator wanita yang terampil dan terlatih merakit sepeda motor Honda.

Pihak Honda mengakui ini adalah langkah untuk mengantisipasi perkembangan pasar sepeda motor di Indonesia dengan pendirian pabrik baru.

“Kami ingin selalu memenuhi kebutuhan masyarakat dengan teknologi terbaik. Dan, dari pabrik baru ini. Kami ingin membawa motor Honda hasil produksi putra putri Indonesia ke manca negara yang akan kami lakukan ke depan,” jeas Inuma san.

Tidak berhenti disitu, AHM juga sudah melakukan ekspansi untuk fasilitas produksinya ini. Lokasi ini nantinya akan dijadikan basis produksi motor-motor sport Honda dengan kapasitas 500 ribu unit dan akan dijalankan tahun 2015 nanti.

Dengan adanya produksi di pabrik keempat Honda, maka total kapasitas produksi pabrikan sayap mengepak ini menjadi 5,3 juta per tahun. Angka ini merupaka yang terbesar di dunia bro en sis!

1 COMMENT