Photo : Crashnet
1
667

Regulasi MotoGP 2016 Bakal Penuh Kejutan!

GILAMOTOR.com – Regulasi balap motor paling kencang sejagad, MotoGP akan kembali dibenah tahun 2016 mendatang. Memang, musim 2015 sendiri belum bergulir. Tapi, informasi mengenai regulasi 2016 sudah berdengung.

Paling jelas adalah perubahan mengenai suplayer ban yang sebelumnya disokong Bridgestone, kini akan beralih menjadi Michelin. Bukan sekedar merek, tapi juga ukuran yang saat ini masih 16,5 inci, akan menjadi 17 inci. Otomatis, piranti kaki-kaki juga akan berbeda.

Yang menarik, ada pada regulasi mengenai pemilihan ECU yang tak lagi dikembangkan oleh masing-masing peserta. Melainkan dengan menunjuk satu produsen ECU, yakni Magneti Marelli sebagai pemasok software dan hardwarenya.

Dengan hal ini, kelas CRT atau Factory di 2012 yang berkembang jadi kategori Open, Factory dan Factory 2 pada musim ini dan musim depan mulai dihapuskan di 2016.

“Hadirnya regulasi baru kami berharap jika pemain baru, maupun tim pabrikan besar memiliki kesempatan yang sama. Ini sama seperti masa GP500 silam. Dimana pabrikan menyediakan motor yang setara bagi tim privateer. Hasilnya, persaingan lebih merata. Dan pebalap yang kencang yang menang,” ungkap Mike Webb, MotoGP Race Director.

Toh demikian, regulasi resminya belum keluar karena masih sedikit mendapat ganjalan, utamanya dari tim-tim besar. “Saya tahu jika beberapa pihak akan menyangsikannya dan menyebut regulasi ini menguntungkan privateer. Tapi justru akan makin menarik,” pungkasnya.

Hmm, kita nantikan saja kelanjutannya deh bro en sis.

1 COMMENT