Photo : Gilamotor.com/Ary
8
9317

All New Honda Vario 150 eSP, Naik Kelas dan Lebih Maskulin

GILAMOTOR.com – Peluncuran Honda Vario 150 eSP diyakini menjadi cara jitu PT Astra Honda Motor (AHM) untuk meningkatkan pamor Vario series sebagai salah satu back bone mereka. Jika sebelumnya ada Vario 110 dan Vario 125, maka kali ini AHM menawarkan Honda Vario 150 eSP sebagai varian tertinggi.

Setelah peluncurannya di bilangan Senayan, Jakarta, Rabu (14/1), GILAMOTOR.com pun turut menjadi bagian dari sesi pengetesan Honda Vario 150 eSP.

Pada kesempatan ini, Ryosuke Sato, Large Project Leader Honda R&D Southeast Asia Co. Ltd menjelaskan konsep desain Honda Vario 150 eSP di hadapan rekan media. Dirinya menyebut ada tiga poin utama yang menjadi fokus penggarapan Honda Vario 150 eSP yaitu exceptional design, unstopable performance dan remarkable features.

Honda-Vario-150-eSP-Bodi-2
Penampilan Honda Vario 150 eSP diperkaya bentukan garis-garis tajam di sekujur tubuh serta dipertegas dengan dual keen eyes LED hadlight di bagian muka. Tuh, kelihatan lebih maskulin ya bro en sis.

Usungan tersebut juga diikuti oleh desain lampu belakang, cover knalpot dan fan cover serta emblem 3D yang memperkuat posisi Honda Vario 150 eSP di kelas yang lebih premium.

Beberapa fitur sebagai penunjang keselamatan dan kenyamanan untuk pengendara pun disiapkan dalam paket yang lebih lengkap. Skutik pertama bermesin 150cc buatan AHM ini telah disemati fitur answer back system berupa tombol di kunci untuk mengetahui posisi tunggangan.

Fitur itu dapat bekerja dalam jangkauan 20-30 meter. Tapi, jangan sampai kunci utamanya hilang lho bro en sis. “Karena kunci cadangannya tidak dilengkapi answer back system,” tambah Sarwono Edhi selaku Service Training Manager Astra Honda Training Center AHM. Selain itu, fitur secure key shutter, brake lock, side stand switch, double inner rack dan bagasi 18 liter menjadi pelengkap yang dibawa Honda Vario 150 eSP.

Honda-Vario-150-eSP-Bodi-3
Oiya bro en sis, velg baru milik Honda Vario 150 juga sudah mengaplikasi ban tubeless. Dan, ternyata tapaknya lebih lebar meski sama-sama berukuran 14 inci. “Honda Vario 125 yang lama pakai 1.60 (depan) dan 1.85 (belakang). Nah, Kalau Honda vario 150 eSP lebarnya 1.85 (depan) dan 2.15 (belakang),” katanya sambil menunjukkan data.

GILAMOTOR.com pun bergegas ingin mengetahui sensasi mengendarainya. Sedikit berbeda, karena sepertinya Honda Vario 150 eSP ini lebih tinggi. “Benar mas, link engine hanger Vario 150 eSP berbeda dengan Vario 125. Jadi ground clearance-nya lebih tinggi 5 mm,” tambah Edhi kepada GILAMOTOR.com

Yuk, kita jajal motornya bro en sis! Yang paling menggugah sudah pasti kemampuan mesin SOHC berpendingin cair 150cc yang sekarang dijejali pada tubuh vario. Sayang, kondisi lintasan tidak cukup memadai untuk merasakan tenaga 9,3 kW di 8.500 rpm dan 12,8 Nm pada 5.000 rpm dengan maksimal.

Ketika memuntir gas secara spontan dari keadaan berhenti, tenaganya nggak ‘galak’ bro en sis. Sepertinya AHM membuat setelan Honda Vario 150 eSP ini biar punya nafas panjang di putaran atas. Masuk akal jika mereka mengklaim top speednya mencapai 102 km/jam.

Honda-Vario-150-eSP-Bodi-1
Satu lagi yang menarik perhatian GILAMOTOR.com adalah mengenai kelincahannya. Walau terkesan lebih bongsor, Honda Vario 150 eSP memiliki karakter yang mudah dikendalikan. Ini dirasakan saat motor diajak bermanuver melewati cone.

Bobot kosong Honda Vario 150 eSP yang hanya 109 kg sepertinya masih cukup nyaman diajak bermacet-macetan. Pengendaranya juga nggak perlu khawatir bahan bakar jadi boros karena fitur idling stop system (ISS) juga sudah menjadi standar Honda Vario 150 eSP. Jika diaktifkan, motor akan mati otomatis ketika berhenti dalam waktu 3 detik. Untuk menyalakannya lagi, bro en sis tinggal memuntir gas kembali.

Fitur ini adalah salah satu bagian dari ‘Honda Smart Technology’ yang turut bersanding dengan teknologi Honda yaitu enhanced smart power (eSP), ACG starter dan perangkat rem combi brake system (CBS). Semua ini menjanjikan Honda Vario 150 adalah skutik premium bertenaga dan irit. Honda Vario 150 eSP dijual dengan harga Rp 19,9 juta (tipe sporty) dan Rp 20,05 juta untuk tipe exclusive. Minat bro en sis?

8 COMMENTS