Photo: Gilamotor/Ilham
1
59836

Lampu LED Honda Vario 150 eSP, Mahal Sih Tapi Awet Banget Bro en Sis

GILAMOTOR.com – Di samping modern, ternyata ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari penggunaan lampu LED pada headlamp Honda Vario 150 eSP dan New 125. Seperti apa? Yuk, kita tengok.

Ditilik dari kekurangannya, aplikasi lampu LED ada di sisi ekonomis bro en sis. Karena Jika lampu motor konsumen mati, karena banjir atau hal lain, maka harus dilakukan penggantian satu set, termasuk rumah lampunya.

“Tidak bisa diganti hanya lampunya saja,” ungkap Endro Sutarno, Instruktur Astra Honda Training Center.

Nah, ini berimbas soal harga. Satu set lampu LED berikut rumahnya dihargai sekitar Rp 750 ribuan. Jauh lebih mahal ketimbang mengganti bohlam biasa yang hanya Rp 25 ribu, atau halogen yang berkisar di rentang Rp 35-50 ribuan.

Eits, jangan langsung tuding kalau aplikasi lampu LED negatif bro ens sis. Justru LED terbilang menguntungkan, karena usia pakainya yang selama mungkin. “Bisa dibilang, usia pakai lampu dan motor sama. Jadi selama motor masih dipakai, atau belum dijual, maka selama itu pula umur lampunya,” jelas Endro sembari berkelakar.

Selain itu, Honda juga menjamin usia lampu LED dalam garansi kelistrikan. “Garansinya menjadi bagian dari kelistrikan, yakni selama satu tahun. Tapi usia pakainya jelas jauh di atas itu,” papar pria ramah ini.

Selain usia pakai, keunggulan lain LED ada pada kebutuhan daya listriknya yang minim. Sehingga komponen aki juga nggak terlalu terbebani dan jadi lebih awet.

“Dengan hasil cahaya yang sama, LED hanya butuh daya 2,26 watt x2 di low dan 5,25 watt x2. Sementara versi sebelumnya mengandalkan bulb (bohlam) 2×25 watt di lampu low dan hi,” pungkasnya.

1 COMMENT