Photo: Honda
0
1120

Skutik Laris Manis, Honda Masih Enggan Lokalkan PCX 150?

GILAMOTOR.com – Momen larisnya skutik Honda di Indonesia (klik ini), serta hadirnya Vario 150 dengan basis mesin yang sama, tidak serta merta membuat PT Astra Honda Motor (AHM) ingin memproduksi skuter premium, PCX 150 secara lokal. Kenapa?

Langsung dijawab oleh Toshiyuki Inuma, President Director PT Astra Honda Motor (AHM) yang mengatakan sebelum memutuskan untuk memproduksi motor secara lokal di Indonesia itu harus diperhitungkan secara cermat.

“Salah satunya dilihat dari segi penjualan dan juga biaya produksinya berapa. Nanti total penjualan dibagi dengan biaya produksi dan hasilnya berapa. Kalau secara hitungan PCX 150 pasarnya cukup, mungkin baru bisa diproduksi,” ujar pria asli Jepang ini.

Namun, menurutnya jika biaya produksi dan total penjualan tidak seimbang, atau justru lebih besar biaya produksi secara lokal, maka lokalisasi PCX 150 mustahil dilakukan.

Sebagai catatan, saat ini Honda PCX 150 diambil dari Vietnam dan berimbas pada harga jualnya yang mencapai Rp 38 jutaan. Sementara Vario 150 eSP yang sudah diproduksi secara lokal dilepas mulai Rp 19,9 juta.