Photo: Istimewa
0
8289

Tengok Perbedaan Vario 125 dan New Vario 125, Bukan Sekedar Ganti Baju (Bag.3)

GILAMOTOR.com – Selain mesin dan detail lainnya yang kami ulas sebelumnya, ternyata komponen kelistrikan Honda New Vario 150 juga memiliki perbedaan cukup signifikan.

“Bahkan beberapa komponen tak dapat saling subtitusi,” ungkap Endro Sutarno, Instruktur Astra Honda Training Center (AHTC) pada Kamis (15/1). Yuk, kita tengok bedanya.

Mulai dari lampu, nyaris seluruhnya berbeda. Pada New Vario 125 headlamp mengandalkan tipe LED dengan daya 2,26 watt x2 di low dan 5,25 watt x2. Sementara versi sebelumnya mengandalkan bulb (bohlam) 2×25 watt di lampu low dan hi.

Sedangkan lampu rem di belakang yang sebelumnya hanya 5 watt, kini mengandalkan 10 watt. Sementara lampu seinnya masih mengandalkan sepasang bohlam 10 watt.

Dari sisi wiring harness dan soket turut berubah. Ini disesuaikan dengan adanya penggunaan lampu LED dan perubahan posisi aki yang sebelumnya di tebeng ke panel dek.

Selain itu, komponen ACG Stator keduanya juga berbeda. “Pada ACG Stator Vario 125 lama masih memakai sensor CKP 4 bagian. Sedangkan yang terbaru hanya terdiri dari 3 bagian dengan bentuk konektor berbeda. Output yang baru juga lebih besar, yakni 570 watt, sedangkan yang lama 390 watt. Sehingga keduanya tak bisa saling subtitusi lho,” wanti Endro.

Perbedaan lainnya ada di sensor speed, konektor rumah kunci, lampu iluminasi speedometer hingga ECM.

“Khusus ECM New Vario sudah ditambahkan rangkaian kontrol LED headlight, tapi soketnya justru disederhanakan menjadi satu lubang saja. Jelas keduanya nggak bisa saling tukar,” pungkas pria ramah ini.

So, bro en sis, jangan sampai salah beli ya.