Yamaha Indonesia luncurkan New Jupiter Z1 2015 berstandar emisi Euro3.
Photo: Yamaha
0
1137

Yamaha Indonesia Luncurkan Jupiter Z1 Euro3

GILAMOTOR.com – Emisi gas buang kendaraan bermotor jadi salah satu penyebab terbesar terjadinya pemanasan global. Karena itu, semakin majunya teknologi di dunia otomotif, mengarahkan pada penciptaan mesin motor yang ramah lingkungan.

Awal tahun ini, Yamaha Indonesia mulai mengaplikasikan standar emisi gas buang Euro3 pada motor-motornya. Jupiter Z1 jadi motor pertama Yamaha Indonesia yang disempurnakan Euro3.

Yamaha mengaplikasikan Euro3 pada Jupiter Z1 dengan dua perangkat baru yaitu ECU dan knalpot catalic conveter dengan O2 sensor, sehingga membuat motor makin ramah lingkungan. Ada perubahan panjang katalis, sebelumnya 30 mm menjadi 60mm sehingga matrix volume katalis naik dari 25,7 cm3 menjadi 51,4 cm3.

”Memenuhi standard Euro3 karena kontribusi katalis di knalpot. Dengan standar Euro 3, saringan knalpot lebih baik sehingga gas buangannya juga lebih ramah lingkungan,” kata Mohammad Masykur, Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing dalam keterangan resmi yang dikeluarkan Yamaha hari ini, Rabu 21 Januari 2014.

“Ini merupakan komitmen Yamaha turut menjaga lingkungan bersama dan menunjukkan sebagai pabrikan yang peduli dan bertanggungjawab kepada masyarakat luas,” tambahnya.

Diakui Yamaha, mereka sangat siap untuk menghadapi standar Euro 3 karena produk-produk Yamaha sudah disiapkan menuju standar tersebut, karena sebelumnya telah mengaplikasikan teknologi Fuel Injection. Motor Yamaha dengan Euro3 pastinya yang sudah FI. Sistem FI mempunyai performa yang sangat baik sehingga dapat menghasilkan konsumsi bahan bakar yang sangat efisien dan emisi gas buang yang rendah serta ramah terhadap lingkungan.