Photo: Yamaha
0
867

Diam-diam, Yamaha Siap Kembali ke Ajang WSBK Tahun 2016

GILAMOTOR.com – Yamaha tampaknya percaya diri dengan tunggangan superbike anyar mereka, YZF-R1 versi 2015. Buktinya, pabrikan motor asal Jepang ini mulai berani masuk kembali ke kancah balap superbike, meski sebatas level lokal, endurance dan superstock.

Namun, di balik itu semua, ternyata Yamaha memiliki niat untuk bertarung kembali ke event balap yang sempat mereka tinggalkan sejak 2011, World Superbike Championship (WSBK).

Hal ini diungkapkan Andrea Dosoli, Road Racing Project Manager Yamaha yang menyatakan jika pihaknya puas akan performa R1 versi balap, karena memang basisnya sudah kencang.

Saat ini, pihaknya juga tengah mengembangkan komponen balap dan upgrade  piranti elektronik yang sesuai dengan kebutuhan WSBK. Sebagai permulaan, mereka bakal berlaga di ajang Superstock dan Endurance World Championship.

Sebagai catatan, Yamaha terakhir kali berlaga di WSBK pada tahun 2011 dengan wakil Marco Melandri dan Eugene Laverty. Di tahun 2012, mereka fokus mengembangkan motor YZR-M1 di event MotoGP dan tak lagi turun sebagai tim pabrikan di WSBK hingga kini.