0
1506

Michelin Mulai Tes Ban Untuk MotoGP Di Sepang

GILAMOTOR.com – Pabrikan ban asal Perancis, Michelin, akan kembali sebagai penyedia ban di balapan paling populer, MotoGP.

Tahun 2016 mendatang, pabrikan ban dengan icon mahluk putih bernama Bibendum itu akan jadi ban resmi MotoGP.

Tentunya, tahun ini akan jadi hari-hari yang super sibuk bagi para insinyur Michelin mempersiapkan diri kembali ke MotoGP setelah tujuh tahun meninggalkan balapan motor prototype itu.

Di sela tes pramusim MotoGP 2015, Michelin hadir di paddock tim Yamaha, Honda, Ducati, Parilia dan Suzuki di sirkuit Sepang, Malaysia. Setiap tim akan mendapat jatah ban Michelin untuk di tes. Colin Edwards dan Katsuyuki Nakasuga hadir sebagai test rider Yamaha, Hiroshi Aoyama untuk Honda, Randy de Puniet untuk Suzuki, Michele Pirro untuk Ducati, dan Michael Laverty untuk Aprilia.

Para test rider itu tak hanya bekerja mengevaluasi ban saja, tapi juga melihat karakteristik motor saat menggunakan ban baru.

Piero Taramasso, Manager of Michelin 2Wheel Motorsport Activities mengatakan, “Saat kami melakukan tes seperti hari ini, kami membawa tujuh ban depan berbeda dan empat ban belakang berbeda dari lima ban yang disiapkan,” buka Taramasso.

Dari seluruh tipe ban yang dibawa Michelin dalam sesi tes itu, akan dipilih salah satu yang terbaik. Ban yang dianggap paling baik dalam sesi tes ini kemudian akan dites lagi oleh pembalap resmi MotoGP.

Michelin juga menjadwalkan akan kembali melakukan tes pada bulan Juli mendatang untuk mengetahui lebih dalam senyawa kompon yang benar-benar diperlukan dalam balapan MotoGP, sehingga bisa digunakan di semua seri.