Photo : Crashnet
0
741

Miller Ingin ‘Contek’ Gaya Marquez Tunggangi RC213V

GILAMOTOR.com – Keinginan pebalap muda ini begitu besar untuk bisa bersaing dengan pebalap lain yang ada di MotoGP. Namun, Jack Miller sepertinya masih belum tahu betul bagimana menaklukkan Honda RC213V.

Seperti kita tahu, Miller mendapatkan percepatan untuk naik kelas dari Moto3 ke MotoGP. Untuk itu, pebalap asal Australia ini juga sempat mendapatkan pelatihan khusus untuk bisa segera beradaptasi dengan tunggangannya.

Hal tersebut diperlihatkan kembali saat dirinya melakoni tes MotoGP di Sirkuit Sepang, Malaysia (5/2/2015). Dihari kedua ini, Miller harus terjatuh di awal sesi. Tapi, menurutnya itu karena dia masih menggunakan ban yang dipakai dihari pertama.

Tapi, yang lebih penting bagi Miller adalah tunggangannya di musim ini masih butuh perhatian lebih.

“Aku mau lebih cepat, tapi harus berjuang dengan wheelspin. Kami juga belum memasang traction control dan mengetahui cara keluar dari tikungan dengan cepat,” kata pebalap berusia 20 tahun ini.

Namun, Miller menyebut dirinya harus mengubah gaya balapnya. “Dengan motor ini kamu nggak bisa memacu motor di tikungan. Jadi, kamu harus berhenti untuk mengarahkan motor. Sangat berbeda dengan Moto3 dimana motor bisa diajak masuk tikungan dalam kecepatan tinggi,” jelas Miller.

Dirinya yakin karakter motor MotoGP sangat cocok dengan gayanya. Pekerjaan rumahnya adalah bagaimana motor dengan ukuran ban lebih besar itu bisa cepat melahap tikungan.

“Aku akan mencoba untuk sideway seperti yang Marquez lakukan pada RC213V. Mengentikan motor, kemudia masuk dan keluar tikungan dengan cepat,” lanjutnya.

Artinya Miller juga butuh kontrol yang bagus serta mengaplikasikan perangkat elektronik dalam waktu dekat.