Photo : Crashnet
0
971

Mundur dari MotoGP, Aoyama Didik Pebalap Muda

GILAMOTOR.com – Walau tak lagi berkompetisi di arena MotoGP, Hiroshi Aoyama tetap disibukkan dengan agenda motor sport.

Tahun ini, pemegang titel juara dunia 250cc 2009 itu memang tak lagi aktif berkompetisi. Namun, dirinya masih dipercaya menjadi bagian dari pengembangan yang sedang dijalani Honda Racing Corporation (HRC).

Hal tersebut terlihat saat Aoyama bertugas sebagai test rider tim HRC di tes pertama MotoGP sepang, Malaysia.

Selain itu, mantan rekan Nicky Hayden di tim Aspar Drive7 ini sekarang juga ditunjuk sebagai mentor para pebalap muda. Program yang dibuat Dorna dan Alberto Puig tentang pengembangan bakat pebalap muda pun disetujui Aoyama.

Dia akan menjadi mentor sekaligus mendidik pebalap muda dari Jepang seperti Kaito Toba, Yuta Date dan Ayumu Sasaki selama mereka berlaga di gelaran Asia Talent Cup and the Red Bull MotoGP Rookies Cup.

“Senang bisa menerima proposal ini dari Dorna. Ini menjadi motivasiku untuk bisa memberikan pengetahuan yang aku punya selama di trek kepada pebalap muda Asia, terutama rider Jepang,” kata Aoyama.

Alberto Puig bukanlah orang baru bagi Aoyama. Menurutnya, Puig adalah orang pertama yang membawanya ke level internasional pada 2004 silam. “Dia juga yang membimbingku sebagai pebalap. Terima kasih juga kepada HRC yang sudah memilihku sebagai test rider. Ini Tahun yang sibuk!” seru Aoyama.

Pun begitu dengan tanggapan CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta. Ia menyebut tak ingin menyiakan potensi yang dimiliki Aoyama setelah pensiun dari MotoGP. “Untuk para rider Jepang, Aoyama adalah panutan sebagai orang Jepang terakhir untuk bisa memenangkan gelar juara,” tukasnya.