Photo: Gilamotor.com
1
3030

Test Ride Honda Vario 150, Tangguh dan Bertenaga

GILAMOTOR.com – Bukan tanpa alasan kami mengatakan jika skutik baru Honda Vario 150 itu tangguh dan bertenaga. Pasalnya, GILAMOTOR.com berkesempatan menguji skutik 150cc tersebut langsung keluar kota.

Lewat undangan PT Daya Adicipta Mustika (DAM),selaku main dealer Honda di Jawa Barat, kami menguji ketangguhan Vario 150 dengan tujuan Bandung-Pantai Santolo, Garut pada Senin-Selasa (9-10/2/2015).

Rute yang disajikan dalam turing terbilang variatif dengan suguhan kemacetan khas perkotaan, tanjakan, turunan curam dan jalur dengan tikungan tajam yang berbahaya. Makin mantap, rombongan sempat merasakan lintasan yang licin karena hujan.

test-ride-Vario-150-3
Saat berkendara membelah kemacetan kota Bandung, jelas terasa jika handling Vario 150 mumpuni untuk selap-selip.

Akselerasi responsif dari mesin 150cc berpendingin cairnya mumpuni dipakai ‘stop n go’ saat macet. Tak perlu putar gas terlalu banyak, motor sudah melaju.

Bukan hanya bertenaga, Vario 150 juga dirancang tetap irit berkat aplikasi fitur Idling Stop System (ISS) yang akan mematikan kinerja mesin saat motor berhenti lebih dari tiga detik. Dan cukup putar gas jika ingin kembali menghidupkan mesinnya.

Beralih ke jalur luar kota. Lintasan lebar Lingkar Nagrek yang memiliki karakter tanjakan terjal bukan masalah bagi Vario 150. Tenaga sebesar 9,3 kW tersalur halus ke roda belakang sanggup melahap tanjakan tanpa gejala kehabisan tenaga.

test-ride-Vario-150-2
Pun demikian saat melintasi turunan. Rem dengan teknologi combi brake system menambah percaya diri karena sanggup menghilangkan gejala selip pada ban belakang.

Sayangnya, meski bertabur segala kelebihan, Vario 150 masih mengandalkan busa jok yang keras seperti varian sebelumnya. Alhasil, -maaf- pantat jadi cepat panas dan pegal saat duduk terlalu lama seperti saat turing. Namun, bisa diatasi jika melakukan pemanasan sebelum turing dan beristirahat rutin selama perjalanan.

Kesimpulannya, motor seharga Rp 20,05 juta OTR Jakarta ini mumpuni dipakai di dalam kota dan bertenaga untuk diajak turing keluar kota, meski harus rutin beristirahat.

1 COMMENT